PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN SOFTWARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software dan Pendekatan Open Ended berbantuan Software. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen I yaitu 74,76 sedangkan rata-rata pada kelas eksperimen II yaitu 67,23. Hasil uji prasyarat data proses menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0.05). Dari hasil uji t satu pihak dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software lebih baik daripada pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Open Ended berbantuan Software di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.