EFEKTIVITAS BAHAN AJAR DENGAN ALUR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PRODI MATEMATIKA UHN

  • Suryati Sitepu

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah bahan ajar yang didesain dengan menggunakan alur model pembelajaran  problem based learning  yang akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa prodi matematika UHN. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahamahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen yang mengikuti matakuliah Matematika diskrit sebanyak dari 3 kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada tahap I diperoleh pencapaian ketuntasan 89,76% kategori tinggi, Pencapaian waktu ideal 4,10 kategori baik, kemampuan mengajar 4,35 kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa  bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. Selanjutnya pada tahap II diperoleh pencapaian ketuntasan 92,91% kategori tinggi, Pencapaian waktu ideal 4,00 kategori baik, kemampuan mengajar 4,25 kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa  bahan ajar dengan alur model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN.

Published
2019-08-22