Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Dolok Padamean
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa pada materi opersai aljabar di kelas VIII SMP. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji homogenitas Fhitung = 1,1396 < FtabelĀ yaitu 1,65 dengan taraf kepercayaan a = 0,05. Artinya kedua kelompok sampel homogen. Dari hasil analisis data diperoleh rataan = 12,76 dan simpangan baku = 3,03 untuk kelas eksperimen, serta rataan = 9,20 dan simpangan baku = 2,84 untuk kelas kontrol. Artinya rata-rata dan simpangan baku siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata dan simpangan baku siswa dikelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thitung = 4,52 dan ttabel = 1,671 ternyata berada pada daerah kritik karena thitung > ttabel yaitu 4,52 > 1,671 maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Model TTW adalah suatu model pembelajaran yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar. dari hasil analisis data terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Operasi Aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean Tahun Ajaran 2017/2018
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.