Laju Keausan dan Kekerasan Kampas Rem Pada Sistem Pengereman Sepeda Motor
Abstract
The braking system is a very important mechanism on the vehicle as a safety tool and ensures a safe vehicle. One of the most important parts of the braking mechanism is the brake lining. The influence of material selection, working conditions in the braking process can affect the wear of the brake lining, which has an impact on the life of the brake lining and the hardness of the brake lining. This study varies the working pressure of the braking process from 5, 10 and 15 psi, and compares 8 types of aftermarket brake lining samples with genuine part brake linings. And the results show that in this case it is known that the average hardness of non-genuine aftermarket brake wear is lower than that of aftermarket genuine ones and the wear rate of non-genuine brake lining materials is lower.
References
[2] Buku Fisika untuk Universitas 1 Mekanika. Panas. Bunyi oleh Sears. Zemansky, Jakarta, 16 Mei 1962
[3] Penelitian Oleh Dimas Rafa Rachmadi, Surabaya Agustus 2014, “Kajian untuk kerja system pengereman depan dengan cakram dan belakang tromol pada sepeda motor gas wisanggeni”, Prodik D III Teknik mesin, Fakultas Teknologi industry, Institut sepuluh November.
[4] Penelitian oleh Jhon Pranata Manik, “Analisa laju keausan kampas rem cakram sepeda motor berbahan limbah kulit kerang bulu dan serbuk besi serta resin”, Prodi Teknik mesin, Fakultas Teknik, Universitas HKBP NOmmensen Medan, 2021
[5] Penelitian oleh Aladin Eko Purkuncoro, “Analisis perbandingan umur dan laju keausan kampas rem cakram sepeda motor”, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Industri, Institut Nasional Malang.
[6] Penelitian oleh Rio Jefri Purba, “Analisa pengaruh tekanan pengereman terhadap laju keausan kampas rem cakram sepeda motor berbahan limbah kulit kerang bulu dan serbuk besi serta resin”, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas HKBP Nommensen Medan, 2021
[7] https://www.otomaniac.com/cara-kerja-rem-hidrolik-pada-motor/
[8] Ilham, Ilham (2021), Analisa Kualitas Kampas Rem Cakram Antara Original Dengan Yang Bukan Original Pada Mobil, Skripsi-S1, Universitas Hasanuddin.
[9] Ahmad Taufik, Darmanto dan Imam Syafa’at, Analisa Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Kecepatan, Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Wahid Hasyim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan SPROCKET JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING menyetujui ketentuan berikut :
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 . yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya tersebut dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan penerbitan awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontraktual tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif atas versi jurnal yang diterbitkan dari suatu karya (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengunggah karya mereka secara daring (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka ).