Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan

  • JULIPER Nainggolan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan melihat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.

 Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Dengan Tekhnik random sampling diperoleh  Sampel penelitian Kelas eksperimen (VII-5) dan kelas kontrol (VII-6) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen dan lembar observasi aktivitas siswa.

Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75 dengan standar deviasi 12,32 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 66,16 dengan standar deviasi 10,96. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, dimana peningkatan hasil belajar siswanya sekitar 13,36 %. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivititas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.

Published
2024-04-23