PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS X DAN MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TUKKA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X dan XI IPA SMA Negeri 1 Tukka. Sampel dalam penelitian ini adalah untuk kelas X yang menjadi sampelnya adalah kelas X-2 dan X-3, sedangkan di kelas XI IPA yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3.
Kemudian pada sampel diberikan perlakuan yang berbeda, yakni penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk kelas eksperimen. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata postes di kelas X untuk kelas eksperimen 55,58 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 45,73. Untuk nilai rata-rata postes di kelas XI IPA untuk kelas eksperimen diperoleh 68,63 dan di untuk kelas kontrol diperoleh nilai 63,63. Perhitungan uji t dua pihak untuk kelas X adalah thitung < ttabel yaitu (-1,083<1,998) dan di kelas XI IPA thitung <ttabel yaitu (-0,897 < 1,998) pada taraf signifikan 0.05. Ini berarti kedua kelas mememilki kemampuan awal yang sama baik di kelas X dan kelas XI IPA. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis satu pihak dengan hasil untuk kelas X adalah ttabel < thitung adalah (3,616<1,669) sedangkan di kelas XI IPA thitung<ttabel adalah (1,780<1,669) sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas X dan materi pokok fluida statis di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tukka.