Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating And Transfrring) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Dan Teori Kinetik Gas Kelas XI IPA Semester II SMA Swasta Santu Fransiskus Aek Tolang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT pada materi ajar listrik dinamis kelas X dan materi ajar teori kinetik gas pada kelas XI IPA (2) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT pada materi ajar listrik dinamis kelas X dan materi ajar teori kinetik gas pada kelas XI, dan (3) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar fisika pada materi ajar listrik dinamis kelas X dan materi ajar teori kinetik gas pada kelas XI IPA.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah true eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI IPA terdiri dari 3 kelas untuk kelas X dan terdiri dari 2 kelas untuk kelas XI IPA. Sampel didapat dengan memberikan tes kepada setiap kelas, sehingga diperoleh kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol serta kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes, yaitu instrumen tes objektif yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli.
Dari hasil penelitian didapatkan data yang normal dan homogen untuk kelas X dan kelas XI IPA. Uji hipotesis diperoleh thitung = 5,517 hasil ini dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk = 40 dan dk = 60 yaitu ttabel = 1,672 thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima untuk kelas X. Uji hipotesis diperoleh thitung = 10,476 hasil ini dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk = 40 dan dk = 60 yaitu ttabel = 1,678 thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima untuk kelas XI IPA . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar fisika pada materi listrik dinamis kelas X dan materi teori kinetik gas kelas XI IPA SMA Swasta Santu Fransiskus Aek Tolang mengalami peningkatan.