Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Pendekatan Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 O’O’U Nias

  • Parlindungan Sitorus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 1 O’O’U. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 O’O’U Nias. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-2) dan kelas kontrol (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen.

Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan Pendekatan Project-based Learning, di peroleh nilai rata – rata postes kelas eksperimen adalah X= 80,33 dengan standar deviasi = 9,732 dan nilai rata–rata postes kelas kontrol X=73,33 dengan standar deviasi = 9,499. Setelah di lakukan persyaratan pengujian data, diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi berdistibusi normal dan homogen. Setelah diberikan perlakuan kepada kelas tersebut diperoleh hasil pengujian dengan uji beda pihak kanan nilai postes kedua kelas diperoleh thitung = 9,41, ttabel = 1,674 (α =0,05). Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi pokok getaran dan gelombang, meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan pendekatan Project-based Learning, pada kelas VIII SMP Negeri 1 O’O’U Nias.

Published
2024-04-23