Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pemantulan Cahaya Di Kelas VIII SMPN 37 Medan

  • Juliaster Marbun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok pemantulan cahaya di kelas VIII SMPN 37 Medan.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 37. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan memberikan pretes kepada kedua kelas, sehingga diperoleh kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh dua validator ahli.

Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 58,18 dengan standar deviasi 13,85 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 52,63 dengan standar deviasi 12,27. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α =0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok pemantulan cahaya di kelas VIII SMPN 37 Medan. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.

Published
2024-04-23