THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRICE PERCEPTION ON USER SATISFACTION OF PARKING SERVICES IN PT. CENTRE PARK AT SUZUYA PLAZA TANJUNG MORAWA

  • Chainar Elly Ria Universitas Darmaagung
  • Meliana Simangunsong
  • Donald Steven Keryapi
Keywords: Kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan pengguna

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Parkir Pada Pt. Centre Park Di Suzuya Plaza Tanjung Morawa, dan penelitian ini menggunakan variabel dependen yaitu Kepuasan Pengguna. Pelayanan dijelaskan sebagai suatu jasa yang dipertukarkan, sedangkan kualitas menjelaskan tentang spesifikasi dari pelayanan yang ditujukan untuk mengidentifikasikan jasa yang di beriikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ” Apakah kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan jasa parkir pada PT. Centre park di suzuya plaza tanjung morawa?”Dengan hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan  dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa parkir PT. Centre park di suzuya plaza tanjung morawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui kuesioner yang di bagikan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 500 dengan sempel 100 responden dengan rumus Solvin. Penguji menggunakan metode analisis regresi linier berganda dimana Y = 11,390+0,318X1+0,126X2+e. Dari persamaan tersebut dapat diintrepretasikan bahwa variabel kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dan hasil dari uji parcial menunjukkan bahwa dari perhitungan kualitas pelayanan thitung 3,399 > 1,984 ttabel  yang artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa parkir, perhitungan untuk persepsi harga thitung 1,380<1,984 dari ttabel yang artinya tidak terdapat pengaruh positif antara persepsi harga dan kepuasan pengguna jasa parkir. Hasil dari simultan menunjukkan bahwa fhitung 7,141>3,09 dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya secara simultan kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pengguna jasa parkir itu berpengaruh .

References

DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Amstrong Dan Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta
Fuad, Muhammad. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Bus Trans Jogja di Kota Yogyakarta. Skripsi, Di Akses 12 Juni 2021. Pukul. 09.37. Medan.
J. Supranto.2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta.
Kasmir, 2017. Customer Service Excellent: Teori Dan Praktik. Edisi pertama. Jakarta.
Kusdyah, Ike, 2012. “Persepsi harga, Persepsi Merek, Persepsi nilai, dan keinginan pembelian ulang jasa clinic kesehatan. Persepsi harga,persepsi merek dan persepsi nilai”. Jurnal, Di Akses 15 September 2021. Pukul 14.37. Medan.
Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nirwana, 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa, Dioma. Malang
Nurul, Fatmawati. 2017. Kualitas Produk, Citra merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Metic “Honda”. Jurnal, Di Akses 3 Agustus 2021. Pukul. 15.23. Medan.

Panjaitan, Januar Efendi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Bandung. Jurnal, Di Akses 09 April 2021. Pukul. 08.45. Medan.
Risqonadhimi, 2010. Analisis dampak kualitas layanan dalam membentuk kepuansan pelanggan precious studio semarang. Jurnal, Diakses 28 Juli 2021. Pukul 23.40. Medan.
Sari, Intan. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Bus Damri Di Palembang. Jurnal, Di Akses 13 April 2021. Pukul. 11.08. Medan.
Sapulette, Alvian. 2016. Analisa Kepuasan Konsumen Jasa Parkir Ambon Plaza Di Kota Ambon. Jurnal, Di Akses 18 April 2021. Pukul. 17.32. Medan.
Schiffman, L. G. (2012). Perilaku Konsumen . USA: New Jersey Prentice Hall.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
________,2012. Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta
Soelistio, Yuwan. 2016. Pengaruh persepsi harga, promosi dan kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang jasa paket Pos Indonesia. Skripsi. Diakses 11 Septermber 2021. Pukul. 01:22. Medan.
SriMardiasih, Titik. 2019. Pengaruh Persepsi harga, Kualitas produk, Terhadap kepuasan pengguna. Jurnal, Diakses 07 agustus 2021. Pukul 11.56. Medan
Tjipotono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Yogyakarta.
Wiyono, Gendro. 2011. Merancang penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS dan Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Published
2023-03-23