PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA KOTOR TERHADAP HARGA SAHAM

  • ardin doloksaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • bonifasius tambunan
  • Meysin Rambe Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Komponen Arus Kas, Laba Kotor, Harga Saham

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana yang penting bagi investor dan kreditur untuk mengetahui perkembangan perusahaan secara periodik karena laporan keuangan merupakan sumber informasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan. Investor dan kreditur menggunakan informasi arus kas sebagai ukuran kinerja perusahaan, karena informasi tentang arus kas digunakan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Selain arus kas, parameter kinerja perusahaan yang menjadi perhatian utama adalah laba, pada penelitian ini berfokus pada laba kotor karena laba kotor lebih dapat menggambarkan hubungan antara laba dengan harga saham.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh komponen arus kas (aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan) dan laba kotor terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan metode penelitian regresi berganda dengan sampel sebanyak 45 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 – 2020. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS versi 26.   

Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa secara simultan variabel aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan, dan laba kotor berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial hanya variabel aktivitas pendanaan yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adiliawan Novy Budi, 2010, Pengaruh Komponen Arus Kas Dan Laba Kotor Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia), Semarang.
Andreinna Shaula, et al, 2021, Pengaruh Covid-19 Terhadap Harga Saham Di Indonesia Tahun 2019-2020 Studi Kasus Di Indonesia, Yogyakarta.
Brigham, Eugene F dan Joel F.Houston, 2010, Dasar Dasar Manajemen Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.
Djahotman Purba, Dermawan Syahrial, 2013, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua, penerbit Mitra Wacana Media, Jakrta.
Darminto Dwi Prastowo, 2019, Analisis Laporan Keuangan, Konsep Dan Aplikasi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, hal.26.
Febrianto, Rahmat, Erna Widiastuty, 2005, Tiga Angka Laba Akuntansi, Solo.
Hidayat.,A. Taufik, 2008, Analisis Pengaruh Arus Kas, Komponen Arus Kas, Dan Laba Akuntansi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek Jakarta, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ikatan Akuntansi Indonesia, 2007, Standar Akuntansi Indonesia,Selemba Empat, Jakarta.
Ikatan Akuntansi Indonesia. PSAK No.1,2015, Tentang Laporan Keuangan-Edisi Revisi, Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT.Raja Grafindo
Irawanda Andre, 2019, Pengaruh Komponen Arus Kas Dan Laba Kotor Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Jakarta Indonesia, Universitas Medan Area, Medan.
Juniarty Jenni, 2011, Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Kotor, Dan Dividen Kas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.
Kieso, D. E., 2007, Intermediate Accounting, Edisi 10, Erlangga, Jakarta.
Milla sepliana setyowati. et al, 2016, pengantar Akuntansi 2, Prenadamedia Grub, Jakarta.
Ninna, Danianti, 2006, Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laporan Arus Kas, Laba Kotor, Dan Size Perusahaan Terhadap Expected Return Saham, Simposium Nasional Akuntansi 9, K-AKPM 21, Padang.
Kariyoto, 2017, Analisa Laporan Keuangan, Universitas Brawijaya Press (UBPress), Malang.
Meythi, 2006, Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham Dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening, Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.
Mudrajad Kuncoro, 2009, Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta, hal, 48.
Sekaran, U., 2006, Research Methods For Bussiness, Salemba Empat, Jakarta.
Subramanyam dan Wiid, 2010, Analisis Laporan Keuangan: Financial Statetment Analysis, Edisi Kesepluh, Buku Kedua: Selemba Empat, Jakarta, hal, 94.
Soge Ignasius, 2018, Pengaruh Komponen Arus kas Dan Laba Kotor Terhadap Harga Saham, Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2016, Universitas Katolik Widya Karya Malang, Malang.
Syamsuri Rahim, Asrianti, 2015, Pengaruh Laba dan Arus Kas Terhadap Harga Saham Perusahaan Lq 45 di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi Aktual, Jakarta.
Tedi Rusman, 2015, Statistika Penelitian, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Bandar Lampung, hal, 13.
Walter T. Harrison, Jr.et al., 2013, Akuntansi Keuangan,Iternasonal Financial Reporting Standards (IFRS), Jilid kedua, Edisi Kedelapan: Erlangga, Jakarta, hal, 173.
Http://www.invesnesia.com/perusahaan-manufaktur-di-bei/amp/
Published
2023-03-23