PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM
Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI 2017-2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham. Pengujian dilakukan baik secara parsial maupun secara simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019 yang berjumlah 53 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 20 perusahaan.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 21. Secara parsial variabel pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham perusahaan. Secara simultan pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen (dividen payout ratio) berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Dividen (DPR), Harga Saham