DAMPAK KARAKTER WIRAUSAHA DAN LOKASI USAHA BAGI KEBERHASILAN USAHA TOKO PAKAIAN DI KOTA MEDAN

  • Imelda Sitinjak
Keywords: karakter wirausaha, lokasi usaha, keberhasilan usaha, toko pakaian

Abstract

ABSTRAK  

            Penelitian ini menguji dampak karakter wirausaha dan lokasi usaha bagi keberhasilan usaha toko pakaian di Kota Medan. Responden yang berjumlah 125 ini adalah pemilik usaha toko pakaian yang sudah beroperasi minimal 5 tahun di Kota Medan. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan metode cluster random sampling serta dianalisis dengan program SPSS versi 22. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa tidak terdapat dampak yang signifikan dari karakter wirausaha dan lokasi usaha bagi keberhasilan usaha toko pakaian di Kota Medan selama 1 tahun. Penelitian ini berimplikasi bagi pemilik toko pakaian untuk mengantisipasi pembentukan karakter wirausaha yang lebih spesifik diarahkan pada kemampuan komunikasi dan pemasaran, menggunakan pendekatan omnichannel, menggunakan fashion influencer di media sosial, bekerjasama dengan pemasok dan pesaing. Pemerintah diharapkan memfasilitasi pelatihan pembentukan karakter wirausaha, dan membuat kebijakan yang memberi kemudahan dan perlindungan dalam penggunaan teknologi bagi pengusaha di Kota Medan. Implikasi teoritisnya adalah untuk memeriksa peran lain dari variabel penelitian ini sebagai mediasi, atau moderasi, atau anteseden, serta memodifikasi model penelitian atau memperluas model penelitian ini pada objek yang sama atau berbeda dari penelitian ini.

ABSTRACT

            This study examines the impact of entrepreneurial character and business location on the success of a clothing store business in Medan City. The 125 respondents are clothing store business owners who have been operating for at least 5 years in the city of Medan. Data were collected through questionnaires using cluster random sampling method and analyzed with SPSS version 22 program. The results of hypothesis testing were obtained that there was no significant impact of entrepreneurial character and business location for the success of a clothing store business in Medan City for 1 year. This research has implications for clothing store owners to anticipate the formation of entrepreneurial characters that are more specifically directed at communication and marketing skills, using an omnichannel approach, using fashion influencers on social media, collaborating with suppliers and competitors. The government is expected to facilitate training in the formation of entrepreneurial character, and make policies that provide convenience and protection in the use of technology for entrepreneurs in the city of Medan. The theoretical implication is to examine other roles of this study variables as mediating, or moderating, or antecedents, as well as modifying the research model or extending this research model to the same or different objects of this study.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
David, F.R., & David, F.R. (2019). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Fauziyah, N. 2018. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fisip Unmul Angkatan 2015 Dan 2016). eJournal Administrasi Bisnis, 6 (3): 918-929 ISSN 2355-5408, http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id
Fitriyani, S., Murni, T., Warsono, S. 2017. Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Management Insight, 13 (1): 47-58
Fu’ad, N.E. 2015. Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 30 (1), 62-5
Hendro. (2011). Dasar- Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Indriyatni. 2013 Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Di Semarang Barat). Jurnal STIE Semarang. VOL 5, NO. 1. Edisi Februari 2013.
Kosasih, S. 2009. Manajemen Operasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Lelliezzia, P., Musadeq A., Arik, P. 2020. Effect of Entrepreneurship Eduaction and Entrepreneurial Characters Toward Entrepreneurial Intention with Business Motivation as Intervening (Study of Students in the Department of Business Administration, Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University, Malang). Wacana– Vol. 23, No. 3. ISSN : 1411-0199 E-ISSN : 2338-1884
Levy, M. & Weitz, B. 2007. Retailing management 6th edition. McGraw Hill International.
Noor, H.F. 2007. Ekonomi Manajerial, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Senjoyo, I.K.S. 2018. Pengaruh Karakteristik Wirausahawan Terhadap Kesuksesan UMKM Di Kota Surabaya. Jurnal Univeritas Kristen Petra. Vol. 6, No. 2. 2018.
Sipahutar, F.E. 2019. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Karakteristik Kewirausahaan dan Social Support Terhadap Keberhasilan Usaha. Skripsi. Medan: Universitas HKBP Nommensen
Siregar, A.D.F. 2018. Analisis Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Butik di Kawasan Medan Johor. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara
Supiana. 2006. Peran Lembaga Pendidikan dalam Upaya Pemberantasan Korupsi. Jogyakarta: Gama Media.
Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Wahyudi, S. 2012. Entrepreneurial Branding and Selling, Road Map Menjadi Entrepreneur Sejati. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2021-08-15