KINERJA USAHA SEBAGAI MODERASI JARINGAN USAHA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA (STUDI MITRA BINAAN PEGADAIAN MEDAN)

Charlan Giawa, Romindo M Pasaribu dan Herry D.S Pasaribu charlanperjuangangiawa@gmail.com, romindo.pasaribu@uhn.ac.id, herry.pasaribu@uhn.ac.id

  • Romindo Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Mitra Binaan, Pegadaian, Jaringan Usaha, Pengembangan Usaha, Kinerja Usaha

Abstract

RINGKASAN

 

Penelitian ini dilakukan di Labuhan Deli, dimana para pelaku usaha memiliki peluang untuk mengembangkan usahanya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Pelaku usaha di memiliki ide yang kreatif untuk mengembangkan usaha dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kinerja usahanya. Akan tetapi, pelaku usaha kurang menyadari jaringan usaha dilingkungan sehingga banyak pelaku usaha yang kehilangan kesempatan untuk mengembangkan usaha. Jaringan usaha diartikan sebagai suatu bentuk organisasi di bidang ekonomi yang dimanfaatkan untuk mengatur koordinasi serta mewujudkan kerjasama antar unsur dalam organisasi. Jaringan terdiri atas keluarga dan teman yang memiliki peluang yang baik untuk memajukan sebuah usaha. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan jaringan usaha terhadap pengembangan usaha dengan variabel kinerja usaha sebagai perantara?

Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 173 mitra binaan dan jumlah sampel sebanyak 60 mitra. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian adalah jaringan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha.  Jaringan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Pengembangan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Dan jaringan usaha melalui kinerja usaha berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengembangan usaha mitra binaan PT. Pegadaian Cabang Labuhan Deli.

 

Kata Kunci: Mitra Binaan, Pegadaian, Jaringan Usaha, Pengembangan Usaha, Kinerja Usaha

 

ABSTRAK

This research was conducted in Labuhan Deli, where business actors have the opportunity to develop their business into a profitable business opportunity. Business actors have creative ideas to develop their business and indirectly improve their business performance. However, business actors are less aware of the business networks in their environment so that many business actors lose the opportunity to develop their businesses. Business networks are defined as a form of organization in the economic sector that is used to organize coordination and realize cooperation between elements in the organization. The network consists of family and friends who have a good opportunity to move a business forward. The purpose of this research is to find out how the use of business networks on business development with business performance variables as an intermediary?

This type of research is quantitative. The population in this study were 173 partners and the total sample was 60 partners. The sampling technique was purposive sampling. The data analysis technique used is Path analysis. The result of this research is that business networks have a positive and significant effect on business development. Business networks have a positive and significant effect on business performance. Business development has a positive and significant effect on business performance. And the business network through business performance has a negative and insignificant effect on the business development of the fostered partners of PT. Labuhan Deli Branch Pegadaian.

Keywords: Foster Partners, Pegadaian, Business Networks, Business Development, Business Performance

References

Aina, Suwarsinah Dkk. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mompreneur (Studi Kasus : Komunitas Bunda Online). Bogor: Universitas Ipb
Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis: Pendekatan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Aima, H. (2014). Enterpreneurship Dan Peluang Usaha. Jakarta: In Media.
Anderson, Et Al. (2012). “Design-Based Research: A Decade Of Progess In Education Research”: Terry Anderson Dan Julie Shattuck. Education Research, 41(16), 1-11
Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). “Belief, Attitude, Intention, And Behavior: An Introduction To Theory And Research”.
Fadilah, S. 2012. “Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Dan Total Quality Management Terhadap Kinerja Organisasi”. Mimbar, Vol. Xxviii No.1.
Flynn, N. (2010). Mencapai Sukses Dengan Networking Seni Membangun Kontak Personal. Jakarta: Indeks
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Heiko. B. (2011). “Opportunity Recognition Among Intentional And Nascent Entrepreneurs”.
Hoang, H. & Antoncic, B. (2003). "Network-Based Research In Entrepreneurship: A Critical Review ". Journal Of Business Venturing, Elsevier, 18(2), 165- 187.
Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm). Jurnal Infokop. No. 25 Tahun 2015.
Irawan, Dandan (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil Dan Menengah Melalui Jaringan Usaha.Jabar : Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Indarti, N. & Rostiani. R. (2011). “Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang, Dan Norwegia”, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 23(4), 1-27.
Kotler Philip Dan Gary Amstrong. (2008) . Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta :Penerbit Erlangga.
Ling, Ay (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya).Surabaya : Universitas Kristen Petra
Maddeppungeng, Andi (2017). Pengaruh Manajemen Rantai Pasok (Mrp) Pada Daya Saing Dan Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi Di Dki-Jakarta: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Neergaard, H., Shaw, E., & Carter, S. (2005). The Impact Of Gender, Social Capital And Networks On Business Ownership -A Research Agenda. International Journal Of Entrepreneurial Behaviour And Research, 11(5), 338-357.
Riadi, Muchlisin (2020). Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi Dan Tahapan).Jakarta : Kajian Pustaka
Suryati, Katarina Dan Arief Sadjiarto (2018). Analisis Pengembangan Usaha Fanny Cake ’ N Bakery Salatiga. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana
Siregar, Z. M. E., & Lubis, J. (2017). Merit System In The Placement Of Civil Servants And Its Effect Toward Performance Of Sub-District Office In Labuhanbatu Region Nort Sumatera. Iop Conference Series: Materials Science And Engineering Paper, 180.
Silviasih, Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik Ukm Sektor Manufaktur Garmen Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1), 13–24.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Taormina R. J., & Lao, K. M. (2007) “Measuring Chinese Entrepreneurial Motivation: Personality And Environmental Influence”. International
Journal Entrepreneur Behavior And Research, 13(4), 200-221.
Warmana, G. Oka Dan Widnyana, I Wayan.2018. Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kinerja Usaha Pada Ud. Udiana Ds. Celuk, Gianyar Bali. Vol.13, No.1. 28 Februari 2018. Issn 1978-6069
Zampetakis, L.A. And Kanelakis, G. (2010). Opportunity Entrepreneurship In The Rural Sectoru Evidence From Greece. Journal Of Research In Marketing And Entrepreneurship, 12(2), 122-142.
Published
2021-08-15