ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA MEDAN

  • Romindo Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Kata Kunci: Media Sosial, Media Pemasaran, Daya Saing, UMKM.

Abstract

RINGKASAN

Pengguna media sosial di  Indonesia mencapai 150.000.000 pengguna. Media sosial  memiliki beberapa macam bentuk yang beragam diantaranya  adalah  blogs, social  networking services, social  media sharing services, social bookmarking services, social news services social geolocation and meeting services, dan community building  services).

Media sosial memiliki potensi untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan barang dan jasa.Teknologi memainkan peran dalam mendorong perkembangan UMKM untuk berkompetisi dipanggung global.Untuk dapat memenangkan kompetisi tersebut pelaku UMKM perlu memperhatikan 3 (tiga), yaitu perlindungan lintas Negara, peningkatan domestic dengan dorongan go digital-go online, dan ekspansi global dengan perbaikan sarana dan prasarana perdagangan lintas Negara.Ketiga hal tersebut sebaiknya dilakukan oleh UMKM untuk meningkatkan daya saing usaha yang dilakukan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah media sosial sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha kecil mikro dan menengah di Kota Medan?.Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah media sosial sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha kecil mikro dan menengah di Kota Medan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory atau kausalitas.Lokasi penelitian di Sumatera Utara khususnya Kota Medan dengan waktu September 2019 s/d Maret 2020.Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di Kota Medan yang telah menggunakan media online berbasis aplikasi dalam melakukan pemasaran terhadap produk-produk yang dihasilkannya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dengan kriteria sampel adalah pelaku UMKM di Kota Medan yang telah melakukan pemasaran dengan menggunakan media online seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube. Dan jumlah sampel sebanyak adalah 80 responden.Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menyatakan pemasaran media online berbasis aplikasi berpengaruh postif terhadap daya saing usaha adalah diterima. Berdasarkan nilai signifikansinya diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan berdasarkan nilai t : diketahui nilai thitung sebesar 13,672 > ttable 1,988 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Media Pemasaran, Daya Saing, UMKM.

References

Harvard Business Review (2010). The New Conversation: Taking Social Media from Talk to Action. Harvard Business School Publishing. Dokumen http://www.sas.com.



Erdogmus dan Cicek (2012). The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyality. Journal of Social and Behavioural Sciences, 58, 1353-1360.


Kaplan. A.M & Haenlein. M. (2010). User of The World, unit! The callenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53. Hal 59-68.


Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Salemba Empat: Jakarta

Zimmerman, Jan., & Sahlin, Doug. (2010). Social Media Marketing For Dummies. New Jersey: Wiley Publishing, Inc.

Anonim, 2009, Rekapitulasi Data Industri UMKM Berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia, Disperindagkop dan UMKM Kota Pangkalpinang Anonim, 2010, Buku saku Perda, Kota Pangkalpinang (diakses 17 November 2019.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah (UU UMKM).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah (UU UMKM)

_________________, www.sindo.com

Wardhani dan Agustina (2015). “Analisis Faktor-faktor Yang Memengaruhi Daya Saing Pada Sentra Industri Makanan Khas Bangka Belitung di Kota Pangkal Pinang”. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. Desember 2018.
Anissa Diana Hag (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Sain Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bantul
Published
2021-03-01