PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA KEUANGAN Studi Kasus PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan

Studi Kasus PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan

  • jadongan sijabat feb uhkbpn
Keywords: Kata Kunci: Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang Usaha, Perputaran Persediaan, Kinerja Keuangan, ROA.

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan modal kerja yang difokuskan pada variabel perputaran kas, perputaran piutang usaha, dan perputaran persediaan terhadap kinerja keuangan yang difokuskan pada profitabilitas dengan menggunakan ROA.

Desain penelitian ini adalah penelitian assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bulanan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) periode 2017 - 2019, dengan sampel penelitian adalah keseluruhan populasi atau yang sering disebut dengan sampel jenuh. Metode pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan dan metode dokumentasi. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan yang diukur menggunakan ROA, sedangkan yang menjadi variabel bebas dalam penelitian yaitu variabel perputaran kas, perputaran piutang usaha dan perputaran persediaan. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, perputaran piutang usaha berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, dan perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero). Nilai R Square adalah 0,742, hal ini berarti sebesar 74,2 % variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas, sedangkan sisanya sebesar 25,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

_____________________

 

Kata Kunci: Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang Usaha, Perputaran  Persediaan, Kinerja Keuangan, ROA.

References

DAFTAR PUSTAKA
Anindya, Pramudita Rahajaeng (2013), Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan, Skripsi: Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi, Semarang.
Deni, Irman (2014), Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi: Universitas Maritim Raja Ali Haji, Fakultas Ekonomi, Riau.
Effendi, Rizal (2014), Prinsip-Prinsip Akuntansi, Edisi Eevisi, Cetakan Kedua: Raja Grafindo, Jakarta.
Hapsari, Yuliana Prasmawati (2015), Analisis Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012, Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta.
Ibrahim, Nurul Ainina (2017), Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Skripsi: Universitas Hasanuddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Makassar.
Julkarnain (2013), Pengaruh Modal Kerja, Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011, Skripsi: Universitas Maritim Raja, Fakultas Ekonomi, Tanjung Pinang.
Kasmir (2015), Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kedelapan: Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Martani, Dwi, dkk. (2010), Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku Satu: Salemba Empat, Jakarta.
Samryn, L.M. (2014), Pengantar Akuntansi, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga: Rajawali Pers, Jakarta.
Silaban, Adanan., dan Hamonangan Siallagan (2009), Teori Akuntansi, Edisi Kedua: Universitas HKBP Nommensen, Medan.
Sudana, I Made (2015), Manajemen Keuangan dan Perusahaan, Edisi Kedua: Erlangga, Jakarta.
Suminar, Muhamad Tejo (2015), Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2013, Skripsi: Universitas Pandanaran, Fakultas Ekonomi.
Published
2021-03-01