ANALISA PRODUK, PROMOSI DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN PLATFORM KREDIT ONLINE.

  • Anne Rumondang Malau Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Produk, Promosi, Proses, Pengambilan Keputusan Konsumen, Platform Kredit online

Abstract

ABSTRACT

This study discusses and analyzes the factors that influence consumer decisions using online credit platform. Factors that influence variables on the product, promotion and process. The study was conducted on 100 online credit platform users who do online shopping transactions in online stores. Data collection was carried out with a survey study using a questionnaire distributed via social media. The method of analysis uses SEM (Structural Equation Modeling) The evaluation results show promotions and processes influence consumers using online credit platforms, temporary products, in this case the features of existing online credit platforms do not significantly influence consumers to use these platforms.

Keywords: Product, Promotion, Process, Consumer Decision, Online Credit Platform

ABSTRAK

Penelitian ini menguji dan menganalisa faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan platform kredit online. Faktor-faktor yang mempengaruhi dibatasi pada variabel produk, promosi dan proses. Penelitian  dilakukan pada 100 pengguna platform kredit online yang melakukan transaksi belanja online di toko-toko online. Pengumpulan data  dilakukan dengan studi survei menggunakan kuesioner yang disebar melalui media sosial. Metode analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) Hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi dan proses mempengaruhi konsumen untuk memutuskan menggunakan platform kredit online, sementara produk, dalam hal ini fitur-fitur yang ada platform kredit online tidak signifikan mempengaruhi konsumen untuk menggunakan platform tersebut.

Kata Kunci: Produk, Promosi, Proses, Keputusan Konsumen, Platform Kredit Online

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Asra, Abuzar, et. al. 2015. Metode Penelitian Survei. Bogor. In Media.
Cannon, et. al. 2009. Basic Marketing, edisi 16. Buku 2. Jakarta. Salemba Empat.
Dua Lembang, Rosvita. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek The Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Hia, Yulna Dewita. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Sari Murni. Journal of Economic and Economic Education, Vol.1, No.1. Diakses pada 16 Oktober 2018.
Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2. Jakarta. Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta. Salemba Empat.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta. Mitra Wacana Media.
Perreault, et. al. 2008. Essentials of Marketing 11 th ed. New York. McGraw-Hill.
Puspitayani dan Yuniawan. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola Di Kecamatan Semarang Selatan. Journal of Management, Vol. 4, No.4. Diakses pada 18 Februari 2019.
Ramadiani. 2010. SEM Dan LISREL Untuk Analisis Multivariate. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2, No.1 . Diakses pada 20 November 2018.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi Offset.
Senaen dan Tumbuan. 2015. Pengaruh People, Proses, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3, No.1. Diakses pada 20 Oktober 2018
Setiadi, J. Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi. Cetakan ke 5. Jakarta, Kencana.
Wijianto, Setyo Hari. 2008. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Published
2020-04-29