Pengaruh Model ProblemBased Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Model PBL, Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 7 pematangsiantar T.A 2017/2018 degan teknik random sampling diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas eksperien dan kelas VIII-2 sebagai kelas kelas kontrol, dimana masing-masing kelas terdiri dari 32 orang siswa. Dari hasil analisis data diperoleh rerata kelas eksperimen adalah 29,75 dan kelas kontrol 22,65, artinya rata-rata dan di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada di kelas kontrol.. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thitung = 3,36 dan ttabel = 1,93ternyata berada pada daerah kritik karena thitung > ttabel , yang berarti ada pengaruh yang signifikan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Published
2024-04-30
How to Cite
Naibaho, T. (2024). Pengaruh Model ProblemBased Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Derajat, 1(1), 30-37. Retrieved from https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/derajat/article/view/1536
Section
Articles