Sepren https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren <p>Jurnal Sepren merupakan jurnal yang mempublikasi kajian teori maupun hasil penelitian empiris terkait dengan pendidikan matematika dan matematika terapan. Jurnal Sepren menerima publikasi dari peneliti pendidikan matematika, peneliti matematika terapan, guru-guru matematika (SD, SMP, SMA), serta pemerhati pendidikan matematika dan matematika terapan.&nbsp;Jurnal Sepren diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas HKBP Nommensen.&nbsp;Jurnal Sepren terakreditasi SINTA, GARUDA, Google Scholar. Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses double&nbsp;<em>blind review</em>&nbsp;yang diserahkan kepada&nbsp;<em>reviewer</em>.</p> en-US <p>Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:</p> <p>Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi:&nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License</a>&nbsp;yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.</p> <p>&nbsp;</p> <div class="separator">&nbsp;</div> sepren@uhn.ac.id (Dr. Agusmanto JB Hutauruk, M.Si.) a7hutauruk@uhn.ac.id (Dr. Agusmanto JB Hutauruk, S.Pd., M.Si) Fri, 30 May 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Representasi Matematis https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1799 <p>Salah satu kapasitas kemampuan kognitif yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan representasi matematis. Dengan memperhatikan kecepatan belajar peserta didik yang berbeda dan minat yang beragam pentingnya pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif tersebut perlu dilakukan.&nbsp; Selain itu, kolaborasi dengan model permainan dalam TGT menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terintegrasi pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan representasi matematis. Subjek penelitian merupakan siswa X PPLG 3 SMK N 8 Semarang sejumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen kuasi tipe <em>One-Group Pretest-Posttest Design.</em> Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, uji wilcoxon yang menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) &lt; 0,001 yang mana kurang dari 0,05. Dengan demikian, antara <em>pretest </em>&nbsp;dan <em>posttest</em> peserta didik menunjukkan adanya signifikansi. Peningkatan ini dipengaruhi oleh keterlibatan peserta didik, lingkungan belajar yang aman dan nyaman, serta umpan balik sesuai dengan keahlian peserta didik.</p> Meili Ekawati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1799 Sat, 07 Jun 2025 10:39:41 +0700 PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PERALATAN DAPUR BATAK TOBA BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 8 MEDAN https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1857 <p>Pengembangan LKPD matematika berbasis peralatan dapur Batak Toba dalam pembelajaran transformasi geometri bertujuan untuk mengintegrasikan nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbantuan Canva bagi siswa SMK, khususnya dalam meningkatkan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang dilaksanakan pada siswa kelas XI Tata Boga di SMK Negeri 8 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli, angket siswa, dan lembar observasi. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para ahli, praktis digunakan oleh guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri. Selain itu, LKPD ini juga terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa karena mengaitkan materi matematika dengan budaya yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Dengan demikian, penggunaan peralatan dapur Batak Toba sebagai konteks dalam LKPD berbasis Canva memberikan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan bermakna bagi peserta didik di tingkat SMK.</p> ruth mayasari simanjuntak ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1857 Wed, 18 Jun 2025 13:23:12 +0700 A Pengembangan Game Edukasi Berbasis Alat Musik Tradisional Lagia Pada Materi Trigonometri Di Kelas X https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1864 <p>Mathematics is a universal science that is useful for human life and also underpins the development of modern technology. In general, students find it difficult to learn mathematics due to its abstract nature, which leads to low learning interest. Therefore, contextual learning that is closely related to their daily lives is needed, one of which is ethnomathematics learning. Ethnomathematics learning is integrated with educational games to further increase the appeal of mathematics learning. This study aims to measure the validity, practicality, and effectiveness of the developed educational game. The research uses the 4D model, which includes define, design, development, and disseminate stages. The practicality test was conducted by distributing questionnaires to teachers and students. Meanwhile, the effectiveness test was carried out by giving questionnaires to observers and reviewing students' learning outcomes. The results showed that the developed media was highly valid, with a percentage of 86.7% for the material and 94% for the media; very practical, with teacher and student response percentages of 94.7% and 86.2% respectively; and effective, with an observation result percentage of 91.7%. The learning outcome test showed that 74.28% of students met the Minimum Mastery Criteria. Therefore, the Lagia traditional musical instrument-based educational game is suitable for use in mathematics learning</p> dame ifa sihombing ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/1864 Mon, 14 Jul 2025 13:44:23 +0700