Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematik : Eksplorasi Kekayaan Alam Danau Toba sebagai Mata Pencaharian Masyarakat
Abstract
Salah satu inovasi pembelajaran matematika yang menggabungkan nilai budaya lokal adalah etnomatematika. Kegiatan mata pencaharian penduduk di sekitar Danau Toba termasuk sebagai budaya karena merupakan kegiatan masyarakat dengan ciri khasnya yang unik yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aspek-aspek berhitung matematis pada kegiatan mata pencaharian masyarakat Danau Toba. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur. Pertama, rumusan masalah penelitian adalah bagaimana keterkaitan aspek matematis dengan kegiatan sehari-hari penduduk. selanjutnya adalah mengevaluasi data berdasarkan literatur untuk menjawab masalah penelitian. Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis dan di deskripsikan atau di interpretasikan menjadi suatu bentuk kesimpulan. Hasil interpretasi tersebut menunjukkan bahwa kegiatan sehari-hari masyarakat di daerah Danau Toba memiliki aspek penghitungan matematis yaitu, menghitung jumlah sumber daya manusia dalam kelompok kegiatan sehari-hari; menghitung upah untuk setiap orang dalam tim berdasarkan tugasnya; menghitung biaya yang diperlukan untuk kegiatan tersebut; menghitung keuntungan yang diperoleh. Kegiatan tersebut juga memuat konsep matematika dalam pembelajaran matematika beberapa mata pelajaran di kelas VII SMP yaitu, operasi hitung materi, aritmatika sosial, dan himpunan.
References
Annisa,H. Asnawi,M.H.dan Susanti,E.(2020) “Pemecahan Masalah Matematika (Aritmatika Sosial) Menggunakan Tradisi Marosok,” in Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), Malang.
Agus,C., Cahyanti, P. A. B. Widodo, B. Yulia,Y dan Rochmiyati,S.(2019) “Cultural-Based Education of Tamansiswa as a Locomotive of Indonesian Education System,” Universities as Living Labs for Sustainable Development. World Sustainability Series. Springer, Cham, pp. 471–486.
Budiarto,G.(2020) “Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter,” Jurnam PAMATOR, vol. 13, no. 1, pp. 50–56,
Choirudin Choirudin, Eka Fitria Ningsih, M. Saidun Anwar, Intan Ratna Sari, and Suci Amalia.(2020) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pada Situs Purbakala
Pugung Raharjo,” Pi: Mathematics Education Journal, vol. 3, no. 1, pp. 18–27.
D’Ambrosio,U.(1997) “Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics,” in Ethnomathematics, Challenging Eurocentrism in Mathematics Education, Albany: State University of New York Press`, pp. 13–24.
D’Ambrosio,U. dan Rosa,M.(2017). “Ethnomathematics and Its Pedagogical Action in Mathematics Education,” in Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education, pp. 285–305.
Dominikus, W.S.(2019) “Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika (PMBE),” presented at the Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Dominikus,V W.S (2018). Etnomatematika Adonara. Kupang: Media Nusa Creative.
Naresh,N.(2015) “The role of a critical ethnomathematics curriculum in transforming and empowering learners,” Revista Latinoamericana de Etnomatemática, vol. 8, no. 2.
Marsigit, D. S.Setiana, S. Hardiarti, and R. Condromukti,(2017). “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika,” in Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, Yogyakarta.
Rosa,M. dan Shirley, L.(2016) “Introduction,” in Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, Hamburg: ICME 13.
Sulaiman,H.(2019) “Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Pesisi di Pasar Ikan Gebang Kabupaten Cirebon,” MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 61–73.
Susilo.B.E.,dan Widodo, S. A.(2015) “Kajian Etnomatematika dan Jati Diri Bangsa,” IndoMath. Indonesia Mathematics Education, vol. 1, no. 2, pp. 121–128.
Ubayanti, C. S.,Lumbantobing,H.dan Manurung,M.M.H.,(2016). “Eksplorasi Etnomatematika pada Sero (Set Net) Budaya Masayarakat Kokas Fakfak Papua Barat,” Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannnya, vol. 1, no. 1, pp. 12–21.
Zaenuri, A. W. P. B. Teguh, and N. Dwidayati,(2017). “Ethnomathematics Exploration on Culture of Kudus City and Its Relation to Junior High School Geometry Concept,” International Journal of Education and Research, vol. 5, no. 9, pp. 161–168.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.