ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah siswa dengan menggunakan 4 indikator berpikir kritis, yaitu mengidentifikasi, menggeneralisasi, merumuskan masalah kedalam model matematika dan mendeduksi pada kelas VII SMP pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis subjek berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 2 soal esay. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan berpikir kritis sebagian besar siswa adalah rendah dengan persentase sebanyak 54% siswa berkemampuan kritis rendah, kemudian sebanyak 26% siswa berkemampuan kritis sedang dan 20% siswa berkemapuan kritis tinggi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.