ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN

  • Nurul Hikmah Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah siswa dengan  menggunakan 4 indikator berpikir kritis, yaitu mengidentifikasi, menggeneralisasi, merumuskan masalah kedalam model matematika dan mendeduksi pada kelas VII SMP pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis subjek berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 2 soal esay. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan berpikir kritis sebagian besar siswa adalah rendah dengan persentase sebanyak 54% siswa berkemampuan kritis rendah, kemudian sebanyak 26% siswa berkemampuan  kritis sedang dan 20% siswa berkemapuan  kritis tinggi.

Published
2022-11-08