Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sipoholon

  • ruth mayasari simanjuntak universitas hkbp nommensen
  • Advendi Hot Asi Hutasoit SMA Negeri 1 Sipoholon
Keywords: Discovery learning, penelitian tindakan kelas, penalaran matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model discovery learning pada materi system persamaan linier di kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon T.A. 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrument tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi system persamaan linier dengan model discovery learning. Berdasarkan analisis data kemampuan penalaran matematis peserta didik pada siklus 1 diperoleh persentase secara klasikal sebesar 40,00% (nilai ≥ 72). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase secara klasikal sebesar 86,66% (nilai ≥ 72). Dilihat dari siklus 1 dan siklus II dimana terjadinya peningkatan persentase kemampuan penalaran matematis peserta didik sebesar 46,66% Aktifitas peserta didik juga dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan dengan kategori aktifitas Baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier di kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon T.A 2022/2023.

References

Alika, M. F., Darsono, T., & Linuwih, S. (2018). Pengembangan Soal Model Pisa Untuk Mengukukur Kemampuan Bepikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 58– 65.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Badjeber, R. (2017). Asosiasi kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa smp dalam pembelajaran inkuiri model alberta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.
Fajri, N. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning di SMAN Unggul Harapan Persada Aceh Barat Daya. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Panjaitan, S. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dengan Pembelajaran Kontekstual Humanistik. Sepren, 01(02), 68–77.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui discovery learning berbasis scientific approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Simanjuntak, R. M., & Situmorang, A. S. (2021). The effect of problem posing learning model on student's mathematic reasoning ability. European Journal of Humanities and Educational Advancements (EJHEA). Vol. 2 No. 8
Published
2022-11-08