Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Adversity Quotient Dan Task Commitment

  • Witri Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Indah Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Yuan Andinny Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Pemecahan Masalah, Matematika, Adversity Quotient, Task Commitment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 24 Jakarta, sampel diambil dengan teknik random sampling sejumlah 36 siswa. Instrumen penelitian berupa angket untuk variable adversity quotient dan variabel task commitment serta soal tes (essay) untuk variable kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen divalidasi sebelum disebar untuk pengambilan data. Data yang dipeoleh diuji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Selanjutnya data dianalisis dengan uji regreasi ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesisnya dengan taraf signifikan 5%, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) Terdapat pengaruh task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) Terdapat pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika,

References

Kartika, R.W., Megawanti, P.,&Hakim, A.R. (2021). Pengaruh adversity quotientdan task commitmentterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206-216. Https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831. (n.d.).
Lestari, I., Andinny, Y., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Adversitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Nabla Dewantara, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.51517/nd.v6i1.279
Lutur, E. M. & Supardi. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Dan Komitmen Pada Tugas Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Retrieved October 2, 2022, from https://docplayer.info/222306323-Pengaruh-kedisiplinan-dan-komitmen-pada-tugas-terhadap-pemahaman-konsep-matematika-siswa.html
Nashori. (2007). Adversity Quotient: Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo.
Rosita, D., & Rochmad, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 106–113.
Sari, D. M. (2018). Analisis Self Efficacy Siswa Pada Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Subpokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII SMP Negeri 11. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88894
Sitepu, S. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Dengan Alur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Matematika UHN. Sepren, 1(01), 38–47. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i01.73
Supardi U.S., S. U. S. (2015). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.112
Syarifa, A., Mustami’ah, D., & Sulistiani, W. (2011). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Komitmen terhadap Tugas (Task Commitment) pada Siswa Akselerasi tingkat SMA. 13(01), 11.
Tayibu, N. (2016). Pengaruh Intelegensi, Task Commitment Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2, 132. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.2104
Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075
Published
2022-11-02