Penerapan Metode Economic Part Period (EPP) dan Metode Part Period Balancing (PPB) Pada Pengendalian Persediaan Pil KB

  • Novi Ardila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Persediaan, Economic Part Period (EPP), Part Period Balancing (PPB)

Abstract

Persediaan memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan agar dapat melangkah dengan baik. Pengendalian persediaan harus lebih diperhatikan berhubungan dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan. Persediaan pil KB di gudang alat kontrasepsi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Utara sangat dibutuhkan, karena pengendalian persediaan yang dilakukan perusahaan tidak optimal. Dimana sering terjadi penumpukan pil KB yang membuat persediaan perusahaan menjadi tidak terkontrol dan mengakibatkan biaya penyimpanan pil KB semakin besar. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan metode Economic Part Period dan Part Period Balancing pada pengendalian persediaan pil KB agar lebih optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode Economic Part Period dan Part Period Balancing. Berdasarkan hasil perhitungan metode Part Period Balancing lebih optimal dibandingkan dengan metode Economic Part Period. Perusahaaan dapat menghemat total biaya persediaan pil KB pada tahun 2019 sebesar Rp. 6.160.025.800 apabila menggunakan metode Part Period Balancing.Persediaan memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan agar dapat melangkah dengan baik. Pengendalian persediaan harus lebih diperhatikan berhubungan dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan. Persediaan pil KB di gudang alat kontrasepsi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Utara sangat dibutuhkan, karena pengendalian persediaan yang dilakukan perusahaan tidak optimal. Dimana sering terjadi penumpukan pil KB yang membuat persediaan perusahaan menjadi tidak terkontrol dan mengakibatkan biaya penyimpanan pil KB semakin besar. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan metode Economic Part Period dan Part Period Balancing pada pengendalian persediaan pil KB agar lebih optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode Economic Part Period dan Part Period Balancing. Berdasarkan hasil perhitungan metode Part Period Balancing lebih optimal dibandingkan dengan metode Economic Part Period. Perusahaaan dapat menghemat total biaya persediaan pil KB pada tahun 2019 sebesar Rp. 6.160.025.800 apabila menggunakan metode Part Period Balancing.

References

A. Malica Putri, P. Fitri Maya, Y. Evi. (2019). Penerapan Metode Economic Part Period (EPP) dan Metode Part Period Balancing (PPB) dalam perencanaan pengendalian persediaan alat suntik pada perusahaan farmasi. Jurnal Penelitian Sains, vol. 21, no. 3, hal.168-174.
K. Emy, A. Melani, A. Khairul. (2017). Analisis Perencanaan Biaya Persediaan Produk Semen Melalui Pendekatan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku (Material Requirement Planning), Jurnal Rekayasa Teknologi dan Sains, vol. 1, no. 1, hal. 28–35.
K. T. Y. Teja. (2017) Analisis Material Requirement Planning (MRP) di C-Maxi Alloycast. Integrated Lab Journal, vol. 5, no. 2, hal. 81–94.
K. Dadang, B. Sofian, I. Bena Nuragustina. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning ( MRP ) untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan di Home Industry Amel Collection,” Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen, vol. 1 (1), ISSN : 2620-5793.
Suhartini & B. Mochammad. (2018). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produk Lp 29 B-Stylish Gt Dengan Pendekatan Material Requirement Planning Berdasarkan Silver-Meal dan Part-Period Balancing, vol. 1, no. 1, hal. 47–55.
Published
2022-11-18