Penerapan Principal Component Analysis untuk Menentukan Faktor yang mempengaruhi Jumlah Kasus Demam Berdarah Dengue di Sumatera Utara

  • Silvia Harleni STKIP Budidaya
Keywords: Demam Berdarah, Principal Component Analysis, Nilai Eigen.

Abstract

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit karena virus bawaan nyamuk Aedes melalui gigitannya. Dari hasil laporan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, jumlah kasus DBD berfluktuasi. Namun, dari tahun 2017 hingga 2019 jumlah kasus DBD meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kasus DBD di Sumatera Utara berdasarkan data tahun 2020 menggunakan Principal Component Analysis. Principal Component Analysis merupakan teknik reduksi data multivariat dengan mengubah data menjadi sekumpulan kombinasi-kombinasi linier yang lebih sedikit, Namun mengambil hampir sebagian besar varians dari data awal. Dari 6 variabel bebas yaitu kepadatan penduduk, persentase kemiskinan, jumlah sarana kesehatan, jumlah tenaga kesehatan, persentase rumah tangga dengan akses sanitasi layak, dan persentase rumah kumuh, diperoleh dua variabel baru yaitu kondisi lingkungan (K1) dan kondisi perumahan (K2). Kondisi lingkungan (K1) dapat menjelaskan 3.512 dari total communalities dengan persentase keanekaragaman 58,538%. Sedangkan kondisi rumah (K2) menjelaskan 1.663 dari total communalities dengan persentase keragaman 27,718%.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara: Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.
Jollife, I. T. (2002). Principal Component Analysis (Second Edition). United States of America: Springer.
Johnson, R. A. (2002). Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Pearson Education International.
Johnson & Wichern. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis. Pearson Prentice Hall.
Kementrian Kesehatan RI. (2017). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah Dengue di Indonesia. Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian Penyakit.
Mufidah , A. S., & Purhadi. (2016). Analisis Survival Pada pasien Demam Berdarah Dengue DBD di RSU Haji Surabaya Menggunakan Model Regresi Weibull. Jurnal Sains dan seni ITS, 5(2), D301-D306.
Published
2022-11-18