P Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika

  • Endang Wahyu Widayati Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Merdeka Belajar, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika

Abstract

Merdeka belajar adalah kondisi belajar siswa dalam lingkungan yang nyaman. Merdeka belajar merupakan salah satu bentuk implementasi nilai-nilai pembentuk karakter bangsa dimulai dari pembenahan sistem pendidikan dan metode belajar. Tantangan seorang guru matematika untuk membuat pembelajaran matematika menyenangkan dan siswa tidak takut serta rajin belajar matematika, guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, dan menarik, yang menjadi ciri dari era merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pembelajaran matematika di era merdeka belajar sehingga siswa dapat nyaman belajar dan karakter siswa meningkat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Subjek uji coba adalah 10 siswa pada kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto dengan fokus materi “Matriks”. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam belajar menggunakan model pembelajaran inquiry dalam kategori baik/nyaman, sehingga model pembelajaran inquiry dapat diterapkan di era merdeka belajar.

References

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Ambarsari, L. (2015). Kenyamanan Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri Sekecamatan Pakualaman Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.
Arjanto, D. (2022). Apa itu Merdeka Belajar: Tersebab Survei Jebliknya Matematika dan Literasi Siswa. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1560429/apa-itu-merdeka-belajar-tersebab-survei-jebloknya-matematika-dan-literasi-siswa
Birsyada, M. I., & Siswanta, S. (2021). Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan Pangeran Sambernyowo di Era Masyarakat 5. 0. Diakronika, 21(1), 45–56. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/179
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1721–1729.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/960
Ismaya, B., Perdana, I., Arifin, A., Fadjarajani, S., Anantadjaya, S. P., & Muhammadiah, M. (2021). Merdeka Belajar in the Point of View of Learning Technology in the Era of 4.0 and Society 5.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1777–1785. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.556
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Izzatin, M., & Nurmala R. (2018). Pembelajaran Berbasis Inquiry untuk Melatih Higher Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Metode Numerik Learning Based on Inquiry to Train Higher Order Thinking Skills (Hots) Mathematical Education Students in Numer. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 5(2). http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1007
Manik, H., Sihite, A. C. B. S., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira., 6(April), 1–5.
Mawardi, & eka Pratiwi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 4(2), 288–294.
Naufal, H. (2021). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152. file:///C:/Users/user/Downloads/548-Article Text-1029-1-10-20210106.pdf
Salmaa. (2021). Angket Penelitian: Pengertian, Prinsip, Jenis, Langkah-langkah, dan Contohnya. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/angket-penelitian/
Sherly, Edy dharma, & Humiras Betty Sihombing. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Sutanto, P. (2020). Buku Saku Merdeka Belajar: Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA. Direktur Jenderal PAUD, Dikdas, Dan Dikmen Direktur Sekolah Menengah Atas.
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Usmawati, R. (2020). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Jawa Pos. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/11/23/pendidikan-karakter-dalam-pembelajaran-matematika/
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Published
2022-11-02