Implementasi Alat Evaluasi Pendidikan Matematika
Abstract
Abstract
To find out the success of learning, it is necessary to conduct an evaluation, in conducting an evaluation, preparation is needed such as an evaluation tool. An evaluation tool is a tool used to facilitate someone in carrying out a task or achieving a goal more effectively and efficiently. Technological advances are increasingly rapid in an increasingly advanced era. Demand the public to be able to take advantage of information and communication technology. The use of applications in conducting evaluations is of interest to students in the evaluation process. The application can be used as a tool in the learning process so that learning becomes interesting. Some examples of online applications that can be used by educators in the mathematics learning process are the Kahoot application, Ispring Suite 8, Sowfer jeruq.com and Quizizz. These applications are media in the form of web-based interactive learning applications that can be used to create simple quizzes and games, can be accessed by connecting to the internet network and can be used as learning media. This research is a qualitative research with descriptive analysis technique with library research. Based on this literature study, it can be concluded that the use of the application as an evaluation tool has a positive impact on students and teachers in the classroom.
Keyword: Evaluation tools, Tehnology, Learning aplications.
Abstrak
Untuk mengetahui keberhasilan dari pembelajaran perlu melakukan evaluasi, dalam melakukan evaluasi diperlukan persiapan seperti alat evaluasi. Alat evaluasi adalah suatu alat yang digunakan untuk memudahkan seseorang dalam melaksanakan tugas atau mencapai suatu tujuan secara lebih efektif dan efisien. Kemajuan teknologi yang semakin pesat di zaman yang semakin maju. Menuntut masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan aplikasi dalam melakukan evaluasi menjadi ketertarikan bagi siswa dalam proses evaluasi. Aplikasi tersebut dapat dijadikan alat dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menarik. Beberapa contoh aplikasi online yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran matematika adalah aplikasi Kahoot,Ispring Suite 8, Sowfer jeruq.com dan Quizizz. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan media dalam bentuk aplikasi pembelajaran interaktif yang berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat kuis dan game sederhana ,dapat diakses dengan tersambung oleh jaringan internetdan dapat menjadi media belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Berdasarkan studi literatur ini, dapat disimpulkan bahawa penggunaan aplikasi sebagai alat evaluasi berdampak postif bagi siswa dan guru di kelas.
Kata Kunci: Alat Evaluasi, Teknologi. Aplikasi Pembelajaran.
References
https ://doi.org/10.15294/USEJ.V312.3449
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dafitri, Haida.,(2017).“Pemanfaatan Wondersahre Quiz Creator Dalam tes Berbasis Komputer.” Jurnal Sistem Informasi 1, no. 1 (2017) : 8.
https:// http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/635/459
Ekawati, Estina, dan Sumaryanta.,(2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakata: Kementerian Pendidikan Nasional,
Gibson, P. F., & Smith, S. (2018). Digital Literacies: Preparing Pupils and Students For Their Information Journey in The Twenty-First Century. Information and Learning Science, 119(12), 733–742.
Iffa Hanifah Rahman, Nanang Priatna., (2021). “Website jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran matematika pada masa pandemiCovid-19” Jurnal Analisa Vol.7 no.1 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Silverius, Suke.(1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development ). Bandung: Alfabeta,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.