Analisis Keterkaitan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dalam Proses Pemahaman Konsep Matematika

  • Nur Arif Setyani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Abstract

This article discusses the analysis of interest in learning and learning motivation from the aspect of type, functions, and characteristic. The collected data were obtained from several journals and books which were then processed and presented in a qualitative descriptive. The results of the study that: first, interest in act based on activities to do an activity well, where someone said to be interested in an activity if there an interesting experience with the activity, then motivation is behavior that has a goal. Second, the difference between interest and motivation can be seen on terms of definition, interest is followed by a sense of interest or liking those activity can occur at the beginning of the activity, or at the end of the event, while motivation is activity that is only carried out to achieve a goal, this can be influenced by interest or not. Third, interest, motivation, or interest and motivation can affect students understanding of mathematical concepts.

Keyword: interest, motivation, concept understanding.

 

Abstrak

Artikel ini membahas tentang analisis pengaruh minat, motivasi, serta minat dan motivasi belajar dalam terpenuhinya pemahaman konsep matematika siswa. Data yang terkumpul diperoleh dari beberapa jurnal dan buku serta penelitian yang kemudian diolah dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: pertama, minat bertindak berdasarkan aktivitas untuk melakukan suatu aktivitas dengan baik, dimana seseorang dikatakan tertarik pada suatu aktivitas jika ada pengalaman yang menarik dengan aktivitas tersebut, maka motivasi adalah perilaku yang memiliki tujuan. Kedua, perbedaan minat dan motivasi dapat dilihat dari pengertiannya, minat diikuti oleh rasa tertarik atau menyukai kegiatan tersebut dapat terjadi pada awal acara, atau pada akhir acara, sedangkan motivasi adalah kegiatan yang hanya dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, hal ini dapat dipengaruhi oleh minat atau tidak. Ketiga, minat, motivasi, serta minat dan motivasi dapat mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: minat, motivasi, pemhaman konsep

Published
2022-11-02