Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kreatif Tingkat Tinggi pada Peserta Didik SMP

  • ruth mayasari simanjuntak universitas hkbp nommensen
Keywords: Instrumen tes, berpikir kreatif, berpikir tingkat tinggi.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model formative research yang melalui 4 tahap yaitu preliminary, self evaluation, prototyping dan field test. Subjek uji coba kelas VIII SMP Negeri 27 yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil yang diperoleh pada uji validitas isi soal dinyatakan valid karena pada CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) rata-rata skor total adalah 1 dengan kategori sangat sesuai, hasil uji coba angket respon peserta didik adalah 68,5%, hasil uji coba reliabilitas rata-rata skor total adalah 0,63 dengan kategori tinggi, hasil analisis tingkat kesukaran rata-rata skor total adalah 0,07 dengan kategori sangat sukar dan hasil analisis daya pembeda rata-rata skor adalah 0,18 dengan kategori rendah serta hasil analisis untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi terdapat 16 peserta didik  termasuk dalam kategori sangat baik, 11 peserta didik termasuk dalam kategori baik, 2 peserta didik termasuk dalam kategori cukup, sehingga diperoleh rata-rata skor total adalah 76,87 dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi di SMP Negeri 27 Medan dengan kualitas yang baik.

References

Amalia, Yuli dkk. 2015. Meningkatkan Kemampuan, BerpikirKreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, vol.2, no. 2, h. 1-11.
Heong, Yee Mei. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, vol. 1, no. 2, h. 113-118.
Ishak, Baego dan Syamsuduha. 2010. Evaluasi Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Istiyono, Edi dkk. 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pysthots) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 14, no. 1, h. 1-14.
Kurniawati, Lia dan Belani Margi Utami. 2013. Pengaruh Metode Penemuan Heuristik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Himpunan Matematika Indonesia, vol. 3, no. 1, h. 1-14.
Kusumaningrum, Maya dan Abdul Aziz. 2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. (Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY,Yogyakarta.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan. 2014. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Retika Aditama.
Lewy dkk. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no.2, h. 1-15.
Manfaat Budi dan Siti Nurhairiyah. 2013. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Statistik Mahasiswa Tadris Matematika. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, h. 1-19.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Cet.I; Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Nofiana, Mufida dkk. 2014. Pengembangan Insrtumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Question untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Inkuiri, vol. 3, no. 2, h. 1-15.
Novianti, Dian.2014. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif dalam Pemecahan Masalah matematika Kelas VIII di SMP N 10 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Shukla, Divya. 2016. Student’s Perceived Level and Teachers’ Teaching Strategies of Higher Order Thinking Skills; A Study on Higher Educational Institutions in Thailand. Journal of Education and Practice, vol.7, no. 2, h.211-219.
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet.XIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-06-02