Meningkatkan Kemampuan Guru Mata Pelajaran dalam Melaksanakan Pembelajaran Student Centered melalui Pemantauan Pelaksanaan RPP Mingguan di SMP Negeri 3 Harian
Abstract
Pemantauan RPP, khususnya pemantauan RPP mingguan sangat perlu dilakukan karena Bermutu atau tidak bermutu suatu proses dan hasil pembelajaran sangat ditentukan oleh bagaimana kualitas RPP yang disusun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran student centered setelah diadakan pemantauan RPP mingguan di SMP Negeri 3 Harian. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran Student Centered melalui setelah diadakan pemantauan pelaksanaan RPP mingguan di SMP Negeri 3 Harian. Peningkatan tersebut dapart dilihat dari hasil perhitungan Anova yang menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru diperoleh F hitung > F tabel yaitu 3281,062 > 3.68 dan sig < 0.05 yaitu 0.000 dan juga dari tabel utama dari analisis independent sample t test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 < 0.05.
References
Ali, Muhammad. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik. Nusantara, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial: 3(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/320
Emaliana, Ive. 2017. Teacher-centered or Student-centered Learning Approach to Promote Learning?. Jurnal Sosial Humaniora: 10(2) http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v10i2.2161
Faradita, M. N., and K. D. A. Afiani. 2021. Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian: 1(3)(258–66). https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.166
Fitriyani Rahmah, Fernandes Reno. 2020. Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: 2(1). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.64
Hasibuan.A.A.,Supardi, Syah.D. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta. Gaung Persada Press.
Hermawan, I., Nasibah, N., Ruswandi, U., & Arifin, B. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dengan Pendekatan Student Centered Learning pada MKWU-PAI di Perguruan Tinggi Umum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 541-550. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.951
Zohrabi, M., Torabi, M.A., Baybourdiani, P. (2012). Teacher-centered and/or Student-centered Learning: English Language in Iran. English Language and Literature Studies 2(3).
Kaput, Krista. 2018. Evidence for Student-Centered Learning. educationevolving.org
Keiler, Leslie S. 2018. Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. Keiler International Journal of STEM Education: Ed 5, 34
Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud.(2016). Panduan Penilaian Untuk SD. Jakarta: Kemendikbud.
Kunandar, (2007). Guru Profesional Impelementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan M.Arif, Miftahillah Agus, Nasihah Nilna Milhatan. 2018. Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan kalijaga Yogyakarta: 21(1)(1-11) https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1
Rahmatullah, Mamat. 2016. Kemampuan Mengajar Guru dalam Meningkatkan Kenierja Guru dan Hasil Belajar Siswa. TANZHIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan: 1(2) (119-126). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/48
Rayens, W. (2017), Beyond the Numbers, Student-Centered Activities for Learning Statistical Reasoning (Vol. 7). Cincinnati, OH: Van-Griner, LLC.
Rayens Williamas, Ellis Amanda. 2018. Creating a Student-Centered Learning Environment Online. Journal of Statistics Education: 26(2) 92-102,
https://doi.org/10.1080/10691898.2018.1475205
Sa’bani, Faizuz. 2017. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah: 2(1). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/1429
Situmorang, Adi Suarman. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Model pencapaian Konsep. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan: 19(1) https://doi.org/10.24114/jpp.v19i1.3050
Situmorang, Adi Suarman. 2021. Pembelajaran Onlie dengan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Sepren: 2(2)(40-46) https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.549
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Swarni. 2021. Peningkatan Kemampuan Guru SDN 06 Peniti Kecamatan Sekandau Hilir Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) Melalui In House Training. Jurnal Ilmiah Pro Guru: 7(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/23659
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.