EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL

  • Adi S Situmorang
Keywords: Model pencapapain konsep, Micrososft teams

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas HKBP Nommensen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Podi Pendidikan Matematik FKIP UHN yang mengikuti matakuliah Analisis riel 1 pada semester ganjil T.A. 2021/2022. Dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Podi Pendidikan Matematik FKIP UHN yang mengikuti matakuliah Analisis riel 1 yang berjumlah 51 orang.  Hasil penelitian menunjukkan bahawa dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa nilai sig. > 0,05 untuk semua data berdistribusi normal. Dari hasil anava terlihat bahwa F hitung > F tabel = 4,034 untuk semua Jenis data dan nilai signifikan untuk semua jenis data < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari tabel Post Hoc dan grafik interaksi juga terlihat ada perbedaah hasil belajar yang signifikan antara tes awal dan tes akhir dan interaksi antara tes awal dan tes akhir yang menyatakan bahwa adanya perbedaan disebabkan oleh perlakuan yaitu pemberian pembelajaran menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep dengan microsof teams sebagai media penyampaian materi ajar.

References

Angraini L.M., Wahyuni Astri. 2021. The Effect of Concept Attainment Model on Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Instruction: 14(1)(727-742). https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1281992.pdf.
Anjum, S. K. (2014). A study of effect of concept attainment model on achievement of geometric concepts of VIII standard students of english medium students of Aurangabad city. Scholarly Research Journal For Interdisciplinary Studies, II(XV), 2451–2456.
Bhargava, R. (2016). Effect of concept attainment model on achievement in social sciences. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(5), 2015–2017.
Daisy Henderson, Hannah Woodcock, Jay Mehta, Nuzhath Khan, Victoria Shivji, Charlotte Richardson, Haleema Aya, Shier Ziser, Gabriele Pollara, Aine Burn. 2020. Keep calm and carry on learning: using Microsoft Teams to deliver a medical education programme during the COVID-19 pandemic. Future Healthcare Journal 2020 Vol 7, No 3: e67–70.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembeajaran Daring di Sekolah Dasar. Educatif, JURNAL ILMU PENDIDIKAN: Volume 2 (1). https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf
Doung, Tam N.D. and Nguyen Nhi, H.U. 2021. The Challenges of E-learning Through Microsoft Teams for EFL Students at Van Lang University in COVID-19. AsiaCALL Online Journal: 12(4)(18-29) https://asiacall.info/acoj
Hasibuan.A.A.,Supardi, Syah.D. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta. Gaung Persada Press.
Jain, V., & Upadhyay, H. (2016). Effect of concept attainment model and concept attainment model integrated with cooperative Learning on Teaching sanskrit of class VIII students. The International Journal of Indian Psychology, 3(2), 36–45.
Kauchak & Eggen. (2012). Strategies and Models for Teachers: Strategi dan Model Pembelajaran. Penerjemah: Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.
Martin, Louis and Tapp, Dave. 2019. Teaching with Teams: An introduction to teaching an undergraduate law module using Microsoft Teams. Innovative Practice in Higher Education: 3 (3)(58-66) https://repository.isls.org/bitstream/1/418/1/268.pdf
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Mondal, B. C. (2013). Teaching science through information processing model: A review. Journal of Education and Practice, 4(9), 146–154.
Ostad, G., & Soleymanpour, J. (2014). The impact of concept attainment teaching model and mastery teaching method on female high school students’ academic achievement and metacognitive skills. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 3(2), 9774–9781.
Praja, Barra P. Dan Baist, A. 2019. Analisis Kualitatif Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. SENATIK-4th FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang.
Sharma, A., & Pachauri, D. (2016). Comparison of advance organizer model and concept attainment model for teaching concepts of science to standard IX. International Journal of Educational Research and Technology, 7(1), 23–26.
Situmorang, Adi S. 2018. Desain Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/13949.
Situmorang, Adi S. 2019. Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan: 25(1)(55-61) DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15533.
Situmorang Adi S. 2020. Microsoft Teams for Education Sebagai Medi Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. Sepren: 2(1). https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/351
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Syarifudin, AS. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Implementasi. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/7072.
Ulya, M. Abdul Wahid. 2021. Probelmatika Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Team Pada Masa Pandemi.
Published
2022-06-02