IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN PERCAYA DIRI SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meneliti tentang pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa yang dilakukan di SMA Negeri 15 Medan dengan sampel kelas X sebanyak dua kelas diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematik siswa berbentuk pilihan berganda untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan lembar angket percaya diri siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran problem posing terjadi peningkatan yang lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran problem posing mencerminkan kegiatan yang aktif, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran problem posing sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa dan gabungan keduanya serta aktivitas belajar siswa.
References
Arikunto, S, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Depdiknas, (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta.
Gita, Nyoman. (1999). Pengembangan Strategi Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika di SMU, Aneka Widya STKIP Singaraja Vol. No. 1 Th. XXXII.
Hudojo, Herman. (1989). Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud.
Musser, G.L dan Shaughnessy, J.M. (1980). Problem Solving Strategies in School Mathematics. In Krulik, S & Reys, R.E. (Eds) Problem Solving in School Mathematics, Virginia, NCTM
National Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.
Nurdin, Mochamad; Mumu; Rustandi, Tantau; Hidayat, Syarief; Jalaludin, Syafrudin. (1998). Pedoman Guru Matematika SLTP Kelas I, Jakarta : Depdikbud.
Polya, G. (1985). How to Solve it. A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press.
Ruseffendi, E.T. (1980). Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG, Bandung : Tarsito, Cet. ke-1.
Silver and Cai. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27.
Suharta, I Gusti Putu. (2001). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pengintegrasian Pengajuan Masalah (Problem Posing), Aneka Widya IKIP Singaraja No. 4 th XXXIV
Suherman, Erman dan Udin S Winataputra. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.