IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN PERCAYA DIRI SISWA

  • Lena Rosdiana Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Percaya Diri, Aktivitas Aktif Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meneliti tentang pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa yang dilakukan di SMA Negeri 15 Medan dengan sampel kelas X sebanyak dua kelas diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematik siswa berbentuk pilihan berganda untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan lembar angket percaya diri siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran problem posing  terjadi peningkatan yang lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran problem posing  mencerminkan kegiatan yang aktif, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran problem posing sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa dan gabungan keduanya serta aktivitas belajar siswa.

References

Akay, H., & Boz, N. (2010). The effect of problem posing oriented analysis-II course on attitude toward mathematics and mathematics self-efficacy of elementary prospective mathematics teacher. Australian Journal of Teacher Education. Vol 35 (1), 60- 75
Arikunto, S, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Depdiknas, (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta.
Gita, Nyoman. (1999). Pengembangan Strategi Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika di SMU, Aneka Widya STKIP Singaraja Vol. No. 1 Th. XXXII.
Hudojo, Herman. (1989). Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud.
Musser, G.L dan Shaughnessy, J.M. (1980). Problem Solving Strategies in School Mathematics. In Krulik, S & Reys, R.E. (Eds) Problem Solving in School Mathematics, Virginia, NCTM
National Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.
Nurdin, Mochamad; Mumu; Rustandi, Tantau; Hidayat, Syarief; Jalaludin, Syafrudin. (1998). Pedoman Guru Matematika SLTP Kelas I, Jakarta : Depdikbud.
Polya, G. (1985). How to Solve it. A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press.
Ruseffendi, E.T. (1980). Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG, Bandung : Tarsito, Cet. ke-1.
Silver and Cai. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27.
Suharta, I Gusti Putu. (2001). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pengintegrasian Pengajuan Masalah (Problem Posing), Aneka Widya IKIP Singaraja No. 4 th XXXIV
Suherman, Erman dan Udin S Winataputra. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud
Published
2022-06-02