Implementasi Metode K-Medoids Clustering untuk Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan

  • Daffa Alya Alodia Universitas Islam Indonesia
  • Astrika Praokta Fialine Universitas Islam Indonesia
  • Desy Endriani Universitas Islam Indonesia
  • Edy Widodo Universitas Islam Indonesia
Keywords: Cluster, K-Medoids, Pendidikan, SDGs

Abstract

Salah satu tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) adalah memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, serta mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. Untuk mencapai tujuan tersebut, hal yang dapat dilakukan dengan menjalankan program wajib belajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemerataan program wajib belajar ini dapat ditinjau melalui analisis clustering pada beberapa indikator pendidikan di Indonesia. Data yang digunakan diperoleh dari publikasi Statistik Pendidikan tahun ajaran 2019/2020 oleh Badan Pusat Statistik dengan 8 variabel indikator pendidikan SMA/MA sederajat menurut provinsi di Indonesia, yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Sekolah (APS), persentase guru layak, Rata-Rata Lama Sekolah (RLS), Angka Melanjutkan (AM), tingkat menyelesaikan sekolah (SMA), dan angka putus sekolah. Metode yang digunakan adalah K-Medoids Clustering. K-Medoids merupakan salah satu metode clustering yang menggunakan teknik pengelompokan partisi dalam mengelompokkan kumpulan n objek menjadi ke dalam k cluster. Dari hasil analisis, diperoleh tiga cluster. Cluster pertama terdapat 6 provinsi dengan indikator pendidikan tinggi, cluster kedua terdapat 13 provinsi dengan indikator pendidikan sedang, dan cluster ketiga terdapat 15 provinsi dengan indikator pendidikan rendah.

References

Alfina, T., Santosa, B., & Barakbah, A. R. (2012). Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi kasus: Problem Kerja Praktek Jurusan Teknik Industri ITS). Teknik Its, 1(1), 521–525.
Aprilia A.P, N. W. A., Srinade, I. G. A. M., & Sari, K. (2016). Pengelompokan Desa/Kelurahan Di Kota Denpasar Menurut Indikator Pendidikan. E-Jurnal Matematika, 5(2), 38–43. https://doi.org/10.24843/mtk.2016.v05.i02.p119
Dini, S. K., & Fauzan, A. (2020). Clustering Provinces in Indonesia based on Community Welfare Indicators. EKSAKTA: Journal of Sciences and Data Analysis, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.20885/eksakta.vol1.iss1.art9
Hocking, R. R. (1997). Methods and Application of Linear Models. European Journal of Orthodontics, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1093/ejo/19.2.232
Karti, H. S., & Irhamah. (2013). Pengelompokan Kabupaten / Kota di Provinsi SMA / SMK / MA dengan Metode C-Means dan Fuzzy C-Means. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(2), 288–293. https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i2.4860
Ningrum, H., Irawan, E., & Lubis, M. R. (2021). Implementasi Metode K-Medoids Clustering Dalam Pengelompokan Data Penyakit Alergi Pada Anak. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 130. https://doi.org/10.30645/jurasik.v6i1.277
Pulungan, N., Suhada, & Suhendro, D. (2019). Penerapan Algoritma K-Medoids Untuk Mengelompokkan Penduduk 15 Tahun Keatas Menurut Lapangan Pekerjaan Utama. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 329–334. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1609
Purba, L., Saifullah, & Dewi, R. (2019). Pengelompokan Kasus Penyakit Aids Berdasarkan Provinsi Dengan Data Mining K-Medoids Clustering. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 687–694. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1679
Soraya, E., & Suryadi. (2019). Pengembangan Lembaga Pendidikan sebagai Organisasi Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Pembelajaran (studi pada penyelenggaraan PPG di LPTK). IMProvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 6(2), 28–44.
Statistik, B. P. (2020). Statistik Pendidikan 2020 (S. S. P. dan K. Sosial (ed.)). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2020/11/27/347c85541c34e7dae54395a3/statistik-pendidikan-2020.html
Wira, B., Budianto, A. E., & Wiguna, A. S. (2019). Implementasi Metode K-Medoids Clustering Untuk Mengetahui Pola Pemilihan Program Studi Mahasiwa Baru Tahun 2018 Di Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 54–69.
Published
2021-12-09