Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan kelas X SMA Kota Medan

  • Susi Sihombing mahasiswa pendidikan matematika FKIP UHN Medan
Keywords: Interest, Motivation, Student Creativity, Understanding the Concept of Learning Outcomes, geometry.

Abstract

This research is an ex-post facto research which is correlative in nature. The problems investigated in this study are the relationship between interest and creativity variables, conceptual understanding, motivation to mathematics learning outcomes. Data collected were processed using statistical analysis "SPSS and Minitab". The analysis showed that the interest in learning mathematics obtained an average score of 76.84 from a maximum value of 100 with a standard deviation of 7.8 and a variance of 61.67. Furthermore, testing the hypothesis using multiple linear regression analysis, it is concluded that (1) interest in learning mathematics has an influence on the learning outcomes of class students (2) creativity in learning mathematics does not have an effect on the learning outcomes of class students (3) motivation to learn mathematics has an effect on the results. Students 'learning mathematics (4) Understanding the concept of learning mathematics has an influence on students' mathematics learning outcomes.

 

References

Abdusshomad,A.(2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. Tangerang. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Vol. 12 No. 2 (2020) 107-115 https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/407
Aledya, V. (2019).Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan
Asmarani, Dewi, dkk. (2017). Metakognisi Mahasiswa Tadris Matematika. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Boty M dan Ari Handoyo.2018: Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI.Volume4,Nomor 1, Juni 2018.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/2265
Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Saiful bahri. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Effandi, Zakaria. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publication dan Distributors SDN BHD. Hal. 86
Emda. A. 2017. “ Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. -5, No. 2 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838
Fadillah. A. 2016. “ Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.Vol.1, No. 2, Agustus 2016, Hal. 113-122 http://mathline.unwir.ac.id/index.php/Mathline/article/view/23
Fatqurhohman.(2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2, 127-133
Febriyanti, C., & Seruni,S(2014). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245-254. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Firdaus, B. 2019.“Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab.”Jurnal On Education. Vol, -02 No. 01, Desember 2019, Hal 191-198. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/298
Harmalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo,H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang:Universitas Negeri Malang Press.
Jagom, Y.O. 2015 Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Belajar Visual-Spatial dan Auditory-Sequential.Match Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1(3):176-190. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/28
Kompri.(2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Livne, N. L. (2008). Enhancing mathematical creativity through multiple solution to openended problems.
Marnina, 2018. Motivasi Siswa dan FaktorFaktor yang Mempengaruhi dalam Belajar Bahasa Tata Bahasa Inggris pada Kelas VIII SMP BP Al-Munawaroh Merauke. Jurnal Magistra. Vol 5 (2), pp: 039-051.
Mulyasa, E. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2005.Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munandar S. C. Utami. (2006). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Nastiti, F. N.(2020). Conection Understanding of Mathematic Concepts for the Learning Outcome Students Class VIII SMP N 1 Plosoklaten of the Circle Material. Jurnal Pendidikan Matematik. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020. http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/80
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Noviyana, I. N. dkk.(2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2 (94), 704-709. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241.
OECD. 2016. PISA 2015: Result in Focus (Online). http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-infocus.pdf
Palittin, I.D, dkk. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Volume 6 - Nomor 2, Juli 2019, (101-109) http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/1801
Ridha, S. F. dkk.(2017). Faktor – faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah.Vol 2, No. 4, Hal.108-118, Desember 2017.http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/7736
Rusman.2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: PT. Rajawali Press.
Sadiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman.(2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang Vol. II, No. 1
Sayah,A. (2015). Pengaruh Strategi Pembellajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika. Volume 3 Nomor 1, Maret 2015 http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199
Sevilla,C.G.Ochave,J.A.,Punsalan,T.G.,Regala,B.P.,& Uriarte,G.G.(2007). An Introduction to Research methods. Rex Printing Company.
Sirait, E. D.2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika “.Jurnal Formatif.Hal.38 38 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/750/659#:~:text=Hilfard%20dalam%20Slameto%20(2010%3A%2057,diminati%20siswa%20akan%20diperhatikan%20terus
Situmorang, A.S. 2016 Efektivitas Strategi Pembelajaraan Ekspositori Terhadap Pemahaman Kosep Matematika Mahasiwa Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN 3(2):109-119.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soebandi dan Nurhasanah. 2016. “ Minat Belajar Sebagai Determinan Hasol Belajar.” Vol. 1 No. 1 Agustus 2016, Hal. 128 – 135. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Susanto,A 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susongko, P. (2013). Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. Syah.2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syarifudin dan Friska. 2020. Hubungan pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten pada Materi Lingkaran. Jurnal pendidikan Matematika. Vol-4, No. 1 http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/80
Tambunan.H.(2020).Kinerja Guru Matematika SMP dalam Membangun Minta dan Motivasi Belajar Siswa.”Jurnal Riset Pendidikan Matematika”.7(1) http://journal.uny.ac.id//index.php//jrpm
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta : Bumi Aksara
Warti, E. 2016.“Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.”Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP Garut.Vol,-5, No. 2, Mei 2016.https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15
Wilda,dkk. Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Volume 2 Nomor 1. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/667
Published
2021-12-09