PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GOOGELE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FKIP UHN
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasieksperimen dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi pembelajaran online dengan google classroom terhadap minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. 2) Untuk mengetahui persentase pencapaian minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan pembelajaran online dengan googele classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil observasi aktivitas mengajar dosen diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,352 yang artinya kemampuan mengajar dosen menggunakan pembelajaran online dengan google classroom “Sangat Baik” dan dari hasil observasi aktivitas aktif mahasiswa juga diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,333 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sang Baik”. 2) Presentase peningkatan pencapaian minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran pembelajaran online dengan googele classroom untuk masing masing-indikator adalah 49,96% (kategori sangat baik), 50,52% (kategori sangat baik), 49,74% (kategori sangat baik), dan 50,74% (kategori sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa desain model pembelajaran pencapaian konsep sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik
References
Mikarsa, Hera Lestari dkk.2009. PendidikanAnak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Nainggolan, Sintong. 2015. Upaya Meningkatkan Reativitas Berpikir Matematis Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. Medan: JSP 2(1):(65-76). https://jsp.uhn.ac.id
Pradana, Diemas Bagas Panca & Harimurti Rina. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu.Vol 02 No.01, 59-67
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. OJS UNM.
Safari, 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers
Sianipar, Linda. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: JSP 4(2):(50-62). https://jsp.uhn.ac.id
Sitorus Parlindungan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan: JSP 4(2):(82-91). https://jsp.uhn.ac.id
Situmorang, Adi S. 2013. Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 29(1):(52-59). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/issue/archive
Situmorang, Adi S. 2018. Desain Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 24(2):(52-59).
Situmorang, Adi S. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran online dengan googele classroom. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 25(1):(55-61).
Smaldino, E. Sharon dkk. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio. Ninth Edition.
Sukardi Dewa Ketut, 1988, BimbingandanKonseling, Jakarta: Bina Aksara
Sukardi Dewa Ketut, 2002, PengantarPelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.