Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring

Abstract

Dunia seketika dibuat gempar oleh pandemic Covid-19. Pandemi ini berdampak diberbagai sektor bidang diantaranya yaitu bidang pendidikan. Beralihnya sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi tidak tatap muka. Salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah agar pendidikan tidak terhenti yaitu pembelajaran secara daring. Dengan diberlakukannya pembelajaran secara daring ini menuntut siswa agar mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan pentingnya pengaruh kemandirian belajar siswa pada pembelajaran secara daring. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi serta mereview semua artikel mengenai kemandirian belajar yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dengan bantuan aplikasi publish and perish. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan bahwa kemampuan kemandirian belajar sangat diperlukan siswa di dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran daring. Kemandirian belajar ini memiliki pengaruh yang positif bagi siswa dalam pembelajaran.

References

Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pecahan Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 887–894.
Ambiyar, Aziz, I., & Melisa. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1246–1258.
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764
Ashadi, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Media Elektrik, 17(2), 46–51.
Badjeber, R. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Ftik Iain Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 1(1), 1–9.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. KTI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12.
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK, 1(1), 57–67.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503.
Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian belajar matematika siswa smp disaat pandemi covid-19. Prosiding; Konferensi Nasional Pendidikan, 6–10.
Handayani, S., & Wati, A. P. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Blended learning pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar di Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 152–164.
Hendikawati, P., Zuhair, M., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927.
Herowati. (2016). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Online Learning Edmodo di SMKN 1 Sumenep. Jurnal Lentera Sains, 6(II), 99–107.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169–175.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 7–13.
Marbun, P. (2020). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129–142. https://doi.org/www.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(1), 24–30.
Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.
Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradita, M. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 158–168.
Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381–388.
Sobri, M., Nursaptini, & Novitasari, S. (2020). Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64–71. https://doi.org/http://10.32529/glasser.v4il.373
Suryani, F. T. V., Sunismi, & Faradiba, S. S. (2020). Kemampuan Penalaran Dan Self-Regulated Learning Melalui Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Dan Google Classroom Pada Materi Statistika Kelas VIII MTS Negeri Batu. JP3, 15(33), 160–170.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.
Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Santoso, E. (2020). Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Karawang Tahun Pelajaran 2019-2020). Jurnal Education and Development, 8(3), 197–202.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.
Published
2021-05-26