Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif
Abstract
Penyebaran virus Covid-19 yang melanda seluruh dunia mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah perubahan dalam proses pembelajaran di lingkungan perguruan tinggi. Pembelajaran yang awalnya bertumpu pada kuliah tatap muka beralih ke pembelajaran secara daring. Dalam proses pembelajaran daring yang berlangsung tersebut, muncul kendala-kendala yang dihadapi baik oleh pengajar/dosen maupun kendala yang dihadapi mahasiswa. Pada tulisan ini, akan dibahas beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa selama proses pembelajaran daring di salah satu perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara terstruktur menggunakan media online, dengan responden sebanya 6 orang yang mewakili beberapa Angkatan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa masih bersifat mendasar/fundamental.
References
El Azar, D. 2020. Strategic Communication and Market Development. Senior Director of Minerva Project.
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2020). Data COVID-19 Global dan Indonesia. https://covid19.go.id/
Herliandry, L., Nurhasanah, Suban, M., Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22. No.1
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1)
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, January, 19-21. ttps://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001
Luthra, P. 2020. Covid”s 19 staggering impact on global education. World Economic Forum.
Sadikin A., Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6. No.2.
Tam, G. (2020). The pandemic Coronavirus could reshape education. Associate Dean of Corporate and Lifelong Learning, Minerva Project.
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. The Largest Online Education in the World Today, 4(2), 501–519. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023.Keywords
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.