Eksplorasi Etnomatematika pada Aksara Batak
Abstract
Konsep matematika dapat digunakan untuk mengeksplorasi Matematika dalam budaya. Istilah yang digunakan untuk mengasosiasi matematika dan budaya adalah etnomatematika. Unsur-unsur budaya seperti tari daerah, lagu daerah, adat istiadat, bahasa daerah, permainan tradisional, makanan tradisional perlu dijaga dan dilestarikan. Salah satunya adalah budaya yang terdapat pada Suku Batak. Kekayaan Suku Batak dari segi bahasa yaitu aksara Batak yang merupakan bagian penting pada jaman dahulu dalam menulis dokumen, naskah kuno, dll. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi etnomatematika pada aksara Batak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini ditemukan konsep matematika pada pola aksara Batak yaitu geometri dimensi satu, garis berpotongan, garis sejajar, dan sudut lancip. Selain itu terdapat juga konsep transformasi geometri yaitu refleksi terhadap sumbu x dan sumbu y.
References
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For The Learning of Mathematical Journal. Vol 5(1), 44-48
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Francois, K, & Kerkhove, Bart Van. (2010). Ethnomathematics and the Philosophy of Mathematics (Education). College Publication, London. Texts in Philosophy 11; pp. 121-154.
Kertasari, Njoo Dewi. (2009). Huruf Latin Berkarakter Aksara Batak Toba. FSRD ITB. Bandung.
Koentjaraningrat. (1985). Kamus Istilah Antropologi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kozok, Uli. (2009). Surat Batak: Sejarah Perkembangan Tulisan Batak. Jakarta: Gramedia. ISBN 97991D1530.
Lubis, Sofia Indriani et al. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 1, No. 2.
Muhtadi, Dedi & Sukirwan, Warsito, Rully C. I. P. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education. Vol 8. No 2. Pp. 185-198.
Pathuddin, Hikmawati & Raehana, Siti. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol 7, No. 2.
Sardjiyo & Pannen, P. (2005). Based Learning Culture: Method of Learning Innovation and Implementation of Competency-based Curriculum. Journal of Education, 6(2)., 83-98.
Sihombing, Dame Ifa., Simanjuntak, Ruth Mayasari. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Batak. Prosiding Webinar Nasional Ethnomathematics: Matematika dalam Perspektif Budaya. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3963
Simanjuntak, Ruth Mayasari., Sihombing, Dame Ifa. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Batak. Prosiding Webinar Nasional Ethnomathematics: Matematika dalam Perspektif Budaya. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3963
Tylor, E.B. (1974). Primitive Culture: Researcher into the development of Mythology. Phylosophy, Religion, Art, and Custom. New York: Gordon.
Zaenuri, A.W.P.B. Teguh, & Dwidayati, Nurkaromah. (2017). Ethnomathematics Exploration on Culture of Kudus City and Relation to Junior High School Geometry Concept. International Journal of Education and Research. Vol 5, No. 9.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.