Dampak Covid 19 dalam Mengubah Cara Mendidik Generasi Mendatang : Studi Kasus

  • dame ifa sihombing universitas HKBP Nommensen
Keywords: Pandemi Covid-19, Pendidikan, Teknologi.

Abstract

Dalam hitungan bulan  virus corona (COVID-19) telah mengubah cara siswa di didik di seluruh dunia. Perubahan itu memberi kita gambaran sekilas tentang bagaimana pendidikan bisa berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk  dalam jangka panjang. Keputusan dalam mengurangi resiko penyebaran virus  telah membawa jutaan siswa ke dalam situasi 'home-schooling' sementara.Perubahan ini menyebabkan tingkat ketidaknyamanan, tetapi juga mendorong contoh baru inovasi pendidikan. Meskipun masih terlalu dini untuk menilai bagaimana reaksi terhadap COVID-19 akan memengaruhi sistem pendidikan di seluruh dunia, ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa hal itu dapat berdampak jangka panjang pada lintasan inovasi pembelajaran dan digitalisasi. Penyebaran COVID-19 yang cepat telah menunjukkan pentingnya membangun ketahanan untuk menghadapi berbagai ancaman salah satu nya adalah perubahan teknologi yang cepat. Pandemi juga merupakan kesempatan untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang keterampilan yang dibutuhkan siswa di dunia yang tidak dapat diprediksi ini seperti pengambilan keputusan berdasarkan informasi, pemecahan masalah secara kreatif, dan yang terpenting, kemampuan beradaptasi. Untuk memastikan keterampilan tersebut tetap menjadi prioritas bagi semua siswa, ketahanan harus dibangun ke dalam sistem pendidikan.

References

Accenture, How to Accelerate Skills Acquisition in the Age of Intelligent Technologies, 2018.
Alcázar, M.,2015. “An innovative model for basic education in Peru”, Private Sector & Development, 9 February, 2015, https://blog.private-sector-and-development.com/2015/02/09/an-innovative-model-for-basic-education-in-peru/.
Coffino, J., “How Did “Anji Play” Go Global?”, Medium, 20 March, 2017, https://medium.com/@AnjiPlay/how-did-anji-play-go-global-18e1e4bca996.
El Azar, D. 2020. Strategic Communication and Market Development. Senior Director of Minerva Project.
Jahanian F. How higher education can adopt to the future of work. President of Caarnigie Mellon University.
Luthra, P. 2020. Covid”s 19 staggering impact on global education. World Economic Forum.
McCharthy, N. 2020. Data Journalist. Statistica.
Srinivasan R.2020. This is how digital literacy can transform education. Information Studies and Director of Digital Cultures Laboratory, University of California, Los Angeles (UCLA)
Tam, G. (2020). The pandemic Coronavirus could reshape education. Associate Dean of Corporate and Lifelong Learning, Minerva Project.
Published
2020-09-28