MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentasi pencapaian minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan pembelajaran Microsoft Teams for Education sebagai media pembelajaran interaktif untuk jarak jauh (online). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesimpulkan dari penelitian ini adalah: 1) Secara keseluruhan bahwa minat belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunanakan Microsoft Teams for Education berada dalam kategori “Sangat Baik” karena 94 orang dari 110 orang atau sekita 85,46% mahasiswa telah mencapai nilai tinggi (³75). 2) Presentase peningkatan pencapaian minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran model pencapaian konsep untuk masing masing-indikator adalah 49,22%, 49,48%, 49,48%, dan 52,34 (semua kategori sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa pemmbelajaran menggunakan Microsoft Teams for Education sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
References
Harnani, Sri. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. BDK Jakarta Kemenag: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Mikarsa, Hera Lestari dkk.2009. PendidikanAnak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Siahaan, Friska. 2018. Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Teori Bilangan. JSP: 5(1). https://jsp.uhn.ac.id
Sianipar, Linda. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: JSP 4(2):(50-62). https://jsp.uhn.ac.id
Situmorang, Adi S. dan Siahaan, Friska 2019. Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 25(1):(55-61). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/15533
Situmorang, Adi S. 2020. Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Representatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 1(2):(1-7).
Tim Office 365. 2020. Menggunakan Microsoft Teams untuk Kelas Online (Remote Learning) https://365.telkomuniversity.ac.id/menggunakan-microsoft-teams-untuk-kelas-online-remote-learning/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.