MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHN

  • Adi S Situmorang
Keywords: Model Pencapaian Konsep, Pendekatan Ilmiah, Kemampuan Representatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentasi ketuntasan kemampuan representatif mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan desain model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) desain model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan representatif yang telah dirancang sudah sangat baik karena aktivitas mengajar dosen dari observer pada semua aspek dan indikator model adalah 4,55 dan aktivitas aktif mahasiswa dari hasil observasi adalah 4,51 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sang Baik”. 2) pencapaian ketuntasan kemampuan representatif mahasiswa prodi pendidikan matematika yang mengikuti matakuliah analisis riel 1 tahun akademik 2019/2020 telah tuntas secara klasikal karena 95 orang dari 110 orang atau sekita 86,36%  mahasiswa telah mencapai nilai ketuntasan minimal ³75.

References

Abrahamson, D. (2006). Mathematical representations as conceptual composites: Implications for design. Paper presented at the 28th annual meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Merida, Mexico.
Depdiknas. 2007. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Dundar, S. 2015. Mathematics Teacher-Candidates’ Performance in Solving Problems with Different Representation Styles: The Trigonometry Example. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol. 11(6). pp: 1379-1397.
Dundar, A., Hossler, D., Shapiro, D., Chen, J., Martin, S., Torres, V., Zerquera, D., & Ziskin, M. (2015). National Postsecondary Enrollment Trends: Before, During, and After the Great Recession (Signature Report No.1). Herndon, VA: National Student Clearinghouse Research Center.
Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Diakses pada http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/27/26
Indah, Widiati. 2015. Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. JPMIPA: 20(2). http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/571
Joyce, Bruce, (2009), Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran), Yokyakarta. Pustaka Pelajar
Kaput, J. (1991). Notations and representations as mediators of constructive processes. In E. v.Glasersfeld (Ed.), Constructivism and mathematics education, (pp. 53-74). Dordrecht,Netherlands: Kluwer.
Mulligan & Mitchelmore. 2009. Awareness of Pattern and Structure in Early Mathematical Development. Mathematics Education Research Journal: 21(2). https://link.springer.com/article/10.1007/BF03217544
Nainggolan, Sintong. 2015. Upaya Meningkatkan Reativitas Berpikir Matematis Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. Medan: JSP 2(1):(65-76). https://jsp.uhn.ac.id
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM
Panasuk, R. 2011. Preferred Representation of Middle School Algebra Students When Solving Problem. The Mathematics Educator, Vol 13(1), 32-52.
Siahaan, Friska. 2018. Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Teori Bilangan. JSP: 5(1). https://jsp.uhn.ac.id
Situmorang, Adi S. 2019. Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Unimed: 25(1) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/issue/archive
Published
2020-04-20