M Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket motivasi belajar siswa yang telah valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan Uji Analisis Regresi dan Anova Dua Jalur dengan menggunakan program SPSS 20. Seluruh data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diberikan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang diberikan pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil analisis kelas eksperimen dengan > dengan besar pengaruh 79,6%. Hasil analisis kelas kontrol dengan > dengan besar pengaruh 74.8% (2) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diberikan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang diberikan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa. Hasil analisis kelas eksperimen dengan > dengan besar pengaruh 55,3%. Hasil analisis kelas kontrol dengan > dengan besar pengaruh 8,2% (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil analisis > dan nilai signifikasi > maka Ho diterima.
References
Downing, K. 2010. Problem Based Learning and Metacognitive. Asian Journal on Education and Learning. 1(2). 75-96.Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hudjojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: Universitas Negeri Malang.
Iman, Muhammad. 2012. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan dan Umum. Medan: Citapustaka Media Perintis
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jakarta: Kemendikbud.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Subana,dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Walpole, Ronald E. 2005. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.