PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PERALATAN DAPUR BATAK TOBA BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 8 MEDAN
Abstract
Pengembangan LKPD matematika berbasis peralatan dapur Batak Toba dalam pembelajaran transformasi geometri bertujuan untuk mengintegrasikan nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbantuan Canva bagi siswa SMK, khususnya dalam meningkatkan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang dilaksanakan pada siswa kelas XI Tata Boga di SMK Negeri 8 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli, angket siswa, dan lembar observasi. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para ahli, praktis digunakan oleh guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri. Selain itu, LKPD ini juga terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa karena mengaitkan materi matematika dengan budaya yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Dengan demikian, penggunaan peralatan dapur Batak Toba sebagai konteks dalam LKPD berbasis Canva memberikan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan bermakna bagi peserta didik di tingkat SMK.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., Soleha, N. M. 2019. Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1): 66-72
Awaliyah, W., Fitriana, A.Y. 2017. Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Peserta didik SMP pada Materi Lingkaran. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2): 93-98.
Barus, D. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Batak Toba. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 45-61
Efendi, M., Rahayu, E., Harisah, A. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Fungsi Komposisi Peserta didik Kelas XI di SMK Darul Lughah Wal Karomah. ANCED: Annual Confrece of Education Journal, 1(1)
Indrawati, Farah. 2023. Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9(1).
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. AL Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1).
Khatimah, H., Fatimah, N. 2023. Pengembangan LKPD Etnomatematıka Berbasis RME untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4): 1680-1686.
Kharissidqi, M.T., Firmansyah V.W. 2022. Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. IJOEHM: Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4)
Komsatun, S., Suriyah, P. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Batik Kontemporer Khas Tuban. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FMIPA.
Luthfi, H., Rakhmawati, F. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1): 98-109
Mamudah, A.H., Fitriyati, D., Putra, F.P. 2024. Pelatihan Pembuatan E-LKPD Liveworksheets Terintegrasi Canva di SMA Negeri 2 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru.
Marleni, L. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Mayasari, A., Badruzama, D., Zulfa, F. 2019. Pengaruh Minat Belajar Santri pada Materi Makanan Minuman Halal dan Haram dalam Mata Pelajaran Fikih terhadap Hasil Belajar. MUJADDID: Jurnal Ilmu Agama, 1(2)
Monoarfa, M., Haling, A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Pengabdian: Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19
Nirmayani, L.H. 2022. Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1)
Noprinda, C.T. & Soleh, S.M. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 2(2).
Nurlaela., Alamsyah, T.P., Pamungkas, A.S. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Berbantu Canva untuk Mengembangkan Numerasi Peserta Didik. METODIK DIDAKTI: Jurnal Pendidikan Dasar, 19(2)
Pertiwi, A.D., Rejeki, S., Styaningsih, R. 2024. Optimalisasi Kemampuan Numerasi Peserta didik pada Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi AKM di SMA. Indiktika: Jurna Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1).
Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putri, A., Arrasuli, B.A., Adelia, R.P. 2022. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin, 5(1).
Said, F.F., Susanto, A., Utami, N.P. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. SOULMATH: Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 11(1):85-98.
Salsabila, V., Yudianto, E., Ambarwati, R., Setiawan, T.B. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. JAMES: Journal of Mathematics Educationand Science.
Sari, T.P., Sridana, N., Novitasari, D., Prayitno, S. 2024. LKPD Etnomatematika Berbasis Problem Solving pada Materi Transformasi Geometri untuk Peserta didik Kelas IX SMP. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 6(2).
Septiani, A., Hidayah, N. 2022. Pengembangan LKPD dengan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Bangunan Bersejarah Lawang Sewu. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3
Simanjuntak, B., Sitanggang, T., Sianipar, P. 2009. Dapur dan Alat- alat Memasak Tradisonal Daerah Sumatera Utara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Strategi Problem Solving Untuk Kelas Ix Smp. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(1), 88-86.
Siregar, T.J., Ginting, S.S., Nasution, H.A.G. 2024. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Geometri Transformasi Berbasis Budaya Sumatera Utara. Teorema: Teori dan Riset Matematika,9(2)
Syahputri, T.V., Ananda, L.J., Pandimun, D.F, Ambarita. 2023. Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal), 9(1): 140-148.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.