Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika di Man 1 Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi implementasi model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa di MAN 1 Makassar. Melalui riset kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, diskusi terstruktur, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X selama periode 12–18 Desember 2024. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Aktivitas pembelajaran yang meliputi eksplorasi, diskusi kelompok, dan refleksi membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendorong partisipasi aktif mereka. Guru berhasil menerapkan sintaks model pembelajaran inkuiri secara terstruktur, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendukung. Respon siswa mengindikasikan bahwa pendekatan ini menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik dan relevan, sehingga memotivasi mereka untuk belajar lebih mendalam. Temuan ini mengonfirmasi bahwa model pembelajaran inkuiri adalah metode yang efektif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran matematika, terutama dalam membangun minat dan motivasi siswa secara berkelanjutan.
References
Alimuddin, A. M., & Yuzrizal. (2020). Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf
Amalia, F., & Asyari, L. (2023). Analisis Perubahan Kurikulum di Indonesia & Pengembangan Pendekatan Understanding By Design. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.2590
Anggi Prasetia. (2023). Journal of Educational Learning and Innovation. Educational Learning and Innovation, 1(2), 98–116. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1
Anita, D., & Bentri, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Jurnal Family Education, 3(3), 296–309. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.128
Azzahra, N. F. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Karakter Religius Di Sma Negeri 14 Bandar Lampung. Αγαη, 15(1), 37–48.
Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385
Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 2(2b), 829–834.
Desi, G. L., & Hani, I. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Febrian, F., & Astuti, P. (2020). Pemahaman Objek Abstrak Matematika Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan. Jurnal Anugerah, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.2270
Hadi, S. N. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3169–3176.
Hadisaputra, S., Ihsan, M. S., Gunawan, & Ramdani, A. (2020). The development of chemistry learning devices based blended learning model to promote students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042083
Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97
Ika Prasasti Abrar, A., & Halimah, A. (2022). Sosialisasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Saintifik Dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii the Socialization of the Guided Inquiry Approach and the Scientific Approach To Facilitate the Mathematical Communication. 2(1), 8–18.
Irfan Sugianto , Savitri Suryandari, L. D. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. 1(3), 159–170.
Kirana, D. (2023). TARBIYAH : Jurnal Pendidikan Islam Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar. 2(2), 107–113.
Kristin, L. Z. R. H. & F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. 2(2).
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Marhamah, & Zikriati. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 89–106. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan%7C89
Meja, M. T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 706–715.
Milena, P. C., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa SMA Ditinjau dari Hasil Belajar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 133–140. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4023
Musyarrofah, I. L. (2025). Peran Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi PAI. 3.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Purnomo, L. B. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkro 3 Smkn 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1), 45–58. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i1.28389
Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Sports Culture, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.667
Putri, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Berfikir kreatif dan Prestasi Belajar. 13(1), 1–23.
Rabbani, M. I., Jihad, A., & Juariah. (2022). Urgensi Media Pembelajaran terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah The Urgency of Learning Media on Mathematics Learning in Schools. Gunung Djati Conference Series, 12, 50–54.
Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171–182. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942
Rohaeti, A., Sriyanti, M., & Dewi, N. R. (2023). Implementasi Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii E Di Smp N 19 Semarang Materi Getaran Gelombang. … Seminar Nasional IPA, 600–610. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2349%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2349/1851
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.
Sandi, A. P., Lutfa, A., & Utami, A. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3424. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6222
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus Iii Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60
Sari, L. K. (2023). Pengembangan E-Module Aljabar Menggunakan Realistic Mathematics Education (Rme) Berbasis Etnomatemματικα Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis.
Supratiknyo, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2), 290–301. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i2.245
Wati, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(2), 76–82. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3213
Widianjani, & Patimah, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan. Jurnal Didactical Mathematics, 5(1), 81–86.
Zahro, F., Darmawan, P., & Malang, U. N. (2024). Perspektif mahasiswa terhadap gamifikasi pada pembelajaran matematika. 5(2), 797–803.
Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.







