Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Representasi Matematis
Abstract
Salah satu kapasitas kemampuan kognitif yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan representasi matematis. Dengan memperhatikan kecepatan belajar peserta didik yang berbeda dan minat yang beragam pentingnya pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif tersebut perlu dilakukan. Selain itu, kolaborasi dengan model permainan dalam TGT menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terintegrasi pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan representasi matematis. Subjek penelitian merupakan siswa X PPLG 3 SMK N 8 Semarang sejumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen kuasi tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, uji wilcoxon yang menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,001 yang mana kurang dari 0,05. Dengan demikian, antara pretest dan posttest peserta didik menunjukkan adanya signifikansi. Peningkatan ini dipengaruhi oleh keterlibatan peserta didik, lingkungan belajar yang aman dan nyaman, serta umpan balik sesuai dengan keahlian peserta didik.
References
Budiono, & Prasetia, A. (2022). COMPARISON STUDY OF WILCOXON TEST RESULTS ON MEASUREMENT RESULTS AND RESULTS OF HEALTH RESEARCH DATA CATEGORY LEVEL OF BLOOD PRESSURE STRESS AND FINE MOTORIC. Jurnal Ilmiah Pemenang, 4(2), 8–15. https://doi.org/10.53599
Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 37.
Fadilatunnisyah, F., Fakhirah, R. S., Awalia Fasha, E., Kania Putri, A., & Aristy Julya Dema Putri, D. (2024). Research Penggunaan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk Menganalisis Pengaruh Tingkat Motivasi Belajar Sebelum dan Sesudah Diterima di Universitas Impian. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development, 2(1), 581.
Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. In Jurnal Inovasi Edukasi (Vol. 06, Issue 02).
Fitri, A., Rahim, R., Nurhayati, Azis, Pagiling, S. L., Munfarikhatin, A., Natsir, I., Simanjuntak, D. N., Hutagaol, K., & Anugrah, N. E. (2023). Dasar-dasar Statistika untuk Penelitian. Yayasan Kita Menulis.
Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI FUNGSI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISWA KELAS VIII MTs SIRAJUL ULUM PONTIANAK. Eksponen, 9.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Istiqlalia, I., & Sugiyanti. (2024). Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Model Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 36314–36320.
Jumrawarsi. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Penggerak SMP Kab. Pesisir Selatan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 10881.
Kartika, S. K. D. (2024). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Mata Pelajaran PKn. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 133–143. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p133-143
Khristiani, H., Susan, E., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, Y., & Anggaeni. (2021). ( ) Differentiated Instruction.
Lestari, K. E., & Ridwan Yudhanegara, M. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan. 13(1), 28–33. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.28-33
Manalu, D., Sipayung, R., & Sembiring, Ri. K. B. (2023). PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V MUATAN PELAJARAN IPS SD SANTO THOMAS 2 MEDAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3687–3688.
Nasrulloh, M. E., Muhammad, N., & Amal, I. (2024). MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK. Jurnal Tinta, 6(2), 91–99.
Pane, E. P., Munthe, M. V. R. M., & Wahyuni, D. (2024). Literasi Numerasi dan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Rahmadian, N. M., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Renanda, & Sudiansyah. (2024). Pemanfaatan Simbol Dalam Pembelajaran Matematika: Studi Dokumentasi Tentang Pemahaman Pelajar SMA Terhadap Konsep Abstrak. COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi Dan Teknologi, 2(1), 3046–4846.
Ronald, & Rahmania, L. A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p1-10
Sanusi, N. M., & Widyaningsih, F. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN. JKPM, 1(2). http://jurnal.unimus.ac.id
Silaban, Wi. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Syahdan. (2020). STRATEGI FEED BACK PADA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI MPI STIT PALAPA NUSANTARA. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 530–550. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Widhiastuti, R. (2014). TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(1), 48–56.
Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistem Geometri berdasarkan latar belakang prestasi belajar mata kuliah geometri transformasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 83–88.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.