Analysis of Mathematical Communication Skills in Problem Solving on the Circumference of Squares and Rectangles of Grade 3 Elementary School Students

Analisis Keterampilan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah pada Mteri Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

  • irawantika Ningtyas universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: keterampilan komunikasi matematis; pemecahan masalah; keliling bangun datar; persegi; persegi panjang

Abstract

Keterampilan komunikasi menggunakan matematika merupakan suatu hal penting dalam proses belajar matematika. Keterampilan ini memungkinkan para murid untuk menyampaikan konsep matematisnya dengan cara penyampaian langsung melalui mulut, tulisan, dan visual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas 3 SD untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi keliling bangun datar persegi dan persegi panjang. Data dikumpulkan melalui dua metode: tes tertulis yang dilakukan terhadap sepuluh siswa di kelas 3 SD dan wawancara individual yang dilakukan terhadap lima siswa. Tes tertulis bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah keliling bangun datar, sedangkan wawancara menentukan bagaimana siswa memahami konsep keliling dan bagaimana mereka mengkomunikasikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menghitung keliling persegi panjang dan persegi. Namun, beberapa siswa kesulitan menyampaikan proses pemecahan masalah secara tertulis. Penelitian ini memberikan manfaat besar bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara matematis, terutama dalam hal pemecahan masalah matematika

Published
2024-11-24