ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA BERDASARKAN GENDER
-
Abstract
Abstract
This study was conducted with the aim to determine the numeracy literacy skills of students based on gender and map the numeracy literacy skills of each indicator based on gender. This research uses Mixed Methods. The instrument used to collect data was the numeracy literacy test. The results showed that students' numeracy literacy indicators in applying various numbers and symbols related to mathematical principles in finding solutions to each problem (N1) amounted to 83% with a very good category, students' ability to present information, such as using tables, charts, diagrams, and others (N2) amounted to 65.50% with a good category and students' ability to interpret the results of analysis to predict and take action amounted to 61.33% with a good category. As for students' numeracy literacy skills based on gender and numeracy literacy skills for each indicator based on gender, the results show that there is no difference in numeracy literacy skills between female students and male students.
Keywords : Numeracy literacy, Gender
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa berdasarkan gender dan memetakan kemampuan literasi numerasi setiap indikator berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator literasi numerasi siswa dalam menerapkan berbagai bilangan serta lambang yang berkaitan dengan asas – asas matematika dalam menemukan solusi dari setiap permasalahan (N1) sebesar 83% dengan kategori sangat baik, kemampuan siswa dalam menyajikan informasi, seperti menggunakan tabel, bagan, diagram, dan lainnya (N2) sebesar 65,50% dengan kategori baik dan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan hasil analisis guna meramalkan dan mengambil tindakan sebesar 61,33% dengan kategori baik. Sedangkan untuk kemampuan literasi numerasi siswa berdasarkan gender dan kemampuan literasi numerasi untuk setiap indikator berdasarkan gender diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi antara siswa perempuan dan siswa laki – laki.
Kata kunci: Literasi numerasi, Gender
References
Akip, M. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam. Edification Journal, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.222
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088
Lastuti, F. A. O., Maharani, R. M., & Pratini, H. S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas VIII Menurut Gender. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 424–427. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2357
Melinda Nurma Agustin, S. (2022). J+ PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11(1), 224–236. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/45188
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393–402.
Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R. L., & Kananda, H. V. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 336–347. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp336-347
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153
Saeful, A. (2019). Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi, 1, 17–30.
Saihan, M., Mathaulina, L., Hijriani, L., & Toni, A. (2022). Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Pada Siswa Sma Kelas Xi Smas Warta Bakti Kefamenanu [ Identification Of The Numerical Literacy Ability Of Grade 11 Students At Warta Bakti Kefamenanu High School Using The Minimum Competency Assessment Instrument ]. 6(2), 178–190.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Samaha, E., Meria, P., Hernigou, A., & Duclos, J. M. (2004). Non-secreting adrenal tumours. Annales d’Urologie, 38(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/j.anuro.2003.10.003
Seminar, P., Pendidikan, N., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Unim, P. (n.d.). Analisis kemampuan numerasi siswa smp dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari motivasi belajar. 225–233.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673
Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.