Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika sebagai Pilar Pendidikan Karakter di Tingkat SMP: Tinjauan Literatur
Abstract
This article highlights the urgency of enhancing mathematics learning independence as a pillar of character education at the junior high school level. Focusing on students' lack of learning independence, the article explains the relevance of a positive attitude towards independent learning in the context of mathematical literacy. The article provides study findings that address influences on children's learning independence and achievement, including peer environment, learning motivation, family social interaction and school tactics, through a literature review. The findings demonstrate the important impact of learning independence in improving academic achievement. Improving learning independence can be done through the application of contextual learning models, social environment and parental support. This study offers several solutions, including the creation of creative learning models, evaluation of curriculum implementation that emphasizes learning independence, and interventions that focus on the causes of low independence. Future research is expected to make a real contribution in advancing mathematics learning independence at the junior high school level.
References
Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67-78.
Ainun, N., & Asri, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 1 Suka Makmur Melalui Pendekatan Contextual .
Akhirman, A. (2017). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter yang Membumi di Bumi Pat Petulai untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11-19.
Apriliyani, Z., Istihapsari, V., & Istiandaru, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 6(1), 58-77.
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12.
Chandrasari, T. R., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk mengembangkan karakter kemandirian belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Jember semester genap tahun ajaran 2013/2014 pada sub pokok bahasan Garis dan Sudut. Kadikma, 6(2).
Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 42-49.
Hasanah, A. U., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 290-302.
Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019, February). Kemandirian belajar berbantuan mobile learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 798-806).
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1-9.
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117-125.
Kiptiyah, S. M., Purwati, P. D., & Khasanah, U. (2021). Implementasi Flipped Classroom Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 318-332.
Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara kemandirian belajar dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59-64.
Larasati, P., Wiratomo, Y., & Mayanty, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(12), 493-503.
Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.
Muhammad, H. A. (2022). Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajar metode statistika melalui pembelajaran blended learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164.
Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 97-107.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 94-99.
Putra, D. P. W. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Self-Regulated Learning untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 49-54.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA negeri 1 sewon tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), 143-151.
Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik menulis review literatur dalam sebuah artikel ilmiah.
Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf, W. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 1-12.
Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1(1), 26-36.
Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.
Sundayana, R. (2019). Perbandingan desain pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 143-154.
Wahyuningtyas, A. & Febriyanti, R.(2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Peterongan. Student Repository. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), pp. 208–216.
Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.