Kemampuan Komunikasi Matematis dan Penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Trello
Abstract
Teknologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga para pendidik dituntut untuk mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak penerapan cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi trello terhadap kemampuan komunikasi matematis pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian, angket sikap berbentuk skala Likert, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi trello dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dan mahasiswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Komunikasi matematis, cooperative learning, jigsaw, trello.
References
Ats-Tsauri, M. S., Cholily, Y. M., Azmi, R. D., & Kusgiarohmah, P. A. (2021). Modul Relasi dan Fungsi Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 109-124. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3569
Amsikan, S., Bete, J. C., & Salsinha, C. N. (2023). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran REACT dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 680–690. https://doi.org/10.30606/absis.v5i2.1776
Hakim, F., Amalia, S. R., & Mahmud, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa pada Materi Induksi Matematika. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 103-111. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.871
Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika dengan Penerapan Mozart Effect (Studi Eksperimen terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama). Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika. 4(1), 65-74. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954
Kusuma, D. A., Delima, N., Widodo, S. A., & Dwipriyoko, E. (2024). Implementation of Ethnomathematics using the Trello Application to Increase Students’ Numercy and Literacy Digital. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 7(1), 13-19.
http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v7i1.86
Masyudi, R. (2023). Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IX 2022/2023 MTsN 1 Kota Padang. Journal on Education, 5(4), 13586-13595. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2367
Murni, D., Jamna, J., Solfema, S., & Handican, R. (2023). Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Matematika : Bagaimana Persepsi Mahasiswa?. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 590-603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2153
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Pasandaran, R. F., Basir, F., & Suciati, I. (2022). Meningkatkan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 62-69. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1801
Putri, R. M., Wanabuliandari, S., & Fardani, M. A. (2022, April). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Mi Tarbiyatul Islamiyah Di Desa Winong. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 29-36.
Sekali, J. B. K., Toruan, M. S. L., Siallagan, C. R., Siahaan, F. B., & Sihombing, D. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.A 2021/2022. SEPREN: Journal Mathematics Education and Applied, Vol Special Issue for NICoMSE 2022 Universitas HKBP Nommensen. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.819
Turnip, M. P., Barus, R. W., & Naibaho, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Grafis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Swasta Advent 1 Medan TA 2021/ 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14929–14941. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4770
Wiryani, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242-252.
Widayanti, R., Hapsari, I. N., Sandfreni., Firmansyah, G., Kartini., & Nurbayin, M. A. (2022). Kolaborasi Metode Problem Base Learning Menggunakan Aplikasi Trello pada Mata Kuliah E-Business Program Kampus Merdeka. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i1.758
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.