Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di SMKN 8 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di SMKN 8 Medan. Model Problem Based Learning mempunyai beberapa kelebihan dalam pembelajaran diantaranya 1) dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan 2) dapat membiasakan siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara trampil, 3) dapat merangsang pengembangan kemampuan berpikir secara kreatif dan menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaf dengan quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design, kelompok yang diberi perlakuan dijadikan kelompok eksperimen. Hasil yang diperoleh persamaan regresinya yaitu . Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien determinasi (r2) sebesar 72%. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik memiliki pengaruh sebesar 72%.
References
Mauke, M., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPAFisika di MTs Negeri Negara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia.
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87.
Simanjuntak, Ruth M., and Adi S. Situmorang. (2021). The Effect Of Problem Posing Learning Model On Student's Mathematic Reasoning Ability. European Journal of Humanities and Educational Advancements, vol. 2, no. 8. pp. 11-14.
Sinaga, S. J. (2016). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik Dan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Discovery Learning Dan Direct Instruction Di Kelas VII SMP SWASTA Ampera Batang Kuis. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 8.
Yuniastuti, dkk. (2021 ). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. Cetakan Pertama. Scopindo Media Pustaka. Surabaya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.