Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di SMKN 8 Medan

  • Niskah Pardede Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Problem Based Learning, Canva, Berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di SMKN 8 Medan. Model Problem   Based   Learning mempunyai    beberapa    kelebihan    dalam pembelajaran diantaranya 1) dapat membuat  pendidikan  di sekolah  menjadi lebih  relevan  dengan  kehidupan  2)  dapat membiasakan    siswa    menghadapi    dan memecahkan  masalah  secara  trampil,  3) dapat merangsang pengembangan kemampuan   berpikir   secara   kreatif   dan menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaf dengan quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design, kelompok yang diberi perlakuan dijadikan kelompok eksperimen. Hasil yang diperoleh persamaan regresinya yaitu . Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien determinasi (r2) sebesar 72%. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan canva terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik memiliki pengaruh sebesar 72%.

References

Arfin, Hudiono, B., & Suratman, D. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Gradien Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 1–15.

Mauke, M., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPAFisika di MTs Negeri Negara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia.

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87.

Simanjuntak, Ruth M., and Adi S. Situmorang. (2021). The Effect Of Problem Posing Learning Model On Student's Mathematic Reasoning Ability. European Journal of Humanities and Educational Advancements, vol. 2, no. 8. pp. 11-14.

Sinaga, S. J. (2016). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik Dan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Discovery Learning Dan Direct Instruction Di Kelas VII SMP SWASTA Ampera Batang Kuis. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 8.

Yuniastuti, dkk. (2021 ). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. Cetakan Pertama. Scopindo Media Pustaka. Surabaya.
Published
2024-03-19